Teranyar

    Catatan Perjalanan 1 Bulan Persib Bersama Mario Gomez

    13 January 2018 14:33
    13 Desember 2017 lalu, Persib melakukan latihan perdana bersama pelatih baru Roberto Carlos Mario Gomez. Artinya sudah satu bulan pelatih asal Argentina itu mengasuh Hariono Cs pasca tiga hari sebelumnya ia diresmikan menjadi nakhoda baru Maung Bandung.

    Mantan asisten Hector Cuper itu didatangkan bersama asistennya, Fernando Soler. Soler didatangkan karena selain berasal dari negara yang sama, ia sedikit paham kondisi sepak bola Indonesia. Dengan begitu, Persib berharap Mario Gomez bisa secepatnya memahami seluk beluk sepak bola di Tanah Air dengan bantuan Soler.

    Ieu Rame Lur : Tentang Nasib Sergio & Tantan, Ini Kata Manajemen

    Selama sebulan itu, Pelatih yang doyan ngopi ini telah melakukan serangkaian uji tanding selama lima kali. Kelima uji tanding itu ia sapu bersih dengan kemenangan dan hanya kecolongan satu gol saja. Meski begitu lawan-lawan yang dihadapi Hariono Cs ini bukan tim selevel mereka.

    Uji tanding Persib yang pertama yaitu saat melakoni pemusatan latihan di Yogyakarta beberapa waktu lalu. Tim yang pertama dijajal oleh Maung Bandung yaitu Sleman United. Dalam laga yang digelar di Stadion UNY itu, Persib berhasil mencukur Sleman United dengan skor 4-0. Striker asing Persib, Ezechiel N'Douassel mencetak hatrick saat itu. Sedangkan satu lainnya berasal dari stoper andalan Persib, Achmad Jufriyanto.

    Dalam laga uji coba kedua, saat melawan tim UNY FC Mario Gomez menurunkan sebelas pemain yang berbeda dari sebelumnya. Pada laga tersebut, Persib hanya menang satu gol. Pasalnya, laga terpaksa dihentikan karena hujan deras. Satu gol tersebut diceploskan oleh Airlangga Sucptio.

    Setelah sepuluh hari TC di Yogyakarta, akhirnya Maung Bandung kembali ke 'kandang'. Di Bandung, Mario Gomez ingin melihat lagi sejauh mana perkembangan asuhnya itu dengan melakoni uji tanding.

    Dalam uji tanding pertama (ketiga) di Bandung ini, lawan yang dihadapi Hariono Cs adalah tim dari diklat Persib (Persib U-19). Marquee Player Persib, Michael Essien memborong dua gol. Di Babak kedua, Mario Gomez mencoba menurunkan tiga rekrutan barunya. Mereka adalah Victor Igobefo, Bojan Malisic dan Oh In-Kyun. Skor 2-0 tidak berubah hingga peluit panjang dibunyikan sang pengadil lapangan.

    Lawan selanjutnya pada uji tanding yang keempat ini yaitu dari tim Progresif FC. Pada laga itu, ketiga pemain baru Persib diistirahatkan karena kondisi kebugaran. Maklum saja, mereka baru saja diresmikan beberapa hari sebelum laga uji tanding tersebut. Pada laga yang digelar di Stadion si jalak Harupat ini berakhir dengan skor 3-0 untuk Persib. Dua gol dicetak melalui sepakan Atep dan Gian Zola. Sedangkan satu gol lainnya berasal dari pemain muda Persib, Agung Mulyadi.

    Dan uji tanding yang terakhir (Kelima), yaitu saat melakoni serangkaian pemusatan latihan kedua. Di Batam, lawan yang dihadapi Hariono Cs adalah PS BP Batam. Persib berhasil keluar sebagai pemenang setelah mendapakan perlawanan yang cukup ketat dari sang lawan. Hingga peluit panjang dibunyikan, skor 1-2 mewarnai papan skor Stadion Temenggung Abdul Jamal. Satu gol dicetak oleh pemain asal Korea Selatan yitu Oh In-Kyun dan satu lainnya oleh Dedi Kusnandar.

    Catatan ini memang tidak bisa dijadikan acuan kehebatan Persib musim ini. Laga sesuangguhnya akan tersaji pada babak penyisihan Piala Presiden 2018 mendatang. Maung Bandung akan ditantang klub-klub besar seperti PSM Makassar, Sriwijaya FC dan PSMS Medan.

    Pertemuan tersebut akan menjadi ajang ujicoba Persib untuk menatap kompetisi yang sesungguhnya. Semoga, Persib bisa memaksimalkan Piala Presiden untuk terus mengevaluasi kekurangan yang ada saat ini. (Bobotoh.id/AR)

    *Penulis adalah salah satu kru redaksi BobotohID


    Luur, Nu Ieu Tos Dibaca?

    Ayo Dibeli