Teranyar

    Gerhana Bulan, Masjid Dipenuhi Jamaah

    31 January 2018 22:12
    Semenjak selepas waktu magrib, ratusan jamaah memenuhi Masjid An Nuur Bio Farma, Jalan Pasteur Bandung. Kedatangan jamaah itu adalah untuk melaksnakan ibadah sholat gerhana bulan atau sholat khusuf.

    Di mana pada malam tadi, Rabu, 31/1/2018 mulai jam 18.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB, terjadi fenomena alam gerhana bulan total. Fenomena alam yersebut kemudian menjadi langka karena bertepatan pula dengan fenomena SUper Moon dan Blue Moon.

    Ieu Rame Lur:Memotret Tanpa Izin, Kantor Berita Dilarang Meliput

    Selepas Isya sambil menunggu waktunya sholat Khusuf, jamaah mengumandangkan takbir. Disambung dengan ceramah pendek dari Ustad Rachmat Baiquni.

    Ustad Rachmat Baiquni pun melanjutkan dengan menjadi imam sholat sunat khusuf dua rokaat. Dilanjut dengan khotbah mengenai pentingnya ummat Islam bersyukur atas nikmat-Nya dan memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk beribadah hanya kepada-Nya.

    Jamaah Masjid An Nuur Bio Farma mengumandangkan takbir sebelum melaksanakan ibadah sholat sunat Khusuf. GERHANA @salimafillah . Ada kesalahan logika yang disebut sebagai 'post hoc ergo propter hoc'. Artinya? "Sesudah itu, maka karena itu." . Alih-alih menelaah faktor yang menjadi penyebab suatu hal, sesat fikir ini melihat urutan kejadian sebagai hubungan pasti sebab akibat. Polanya adalah (B terjadi sesudah A), maka (B terjadi karena A). . Rasulullah ? mencegah "post hoc ergo propter hoc" ini dari ummat pada sebuah kejadian duka. Ketika itu, putra penyejuk mata di tengah perjuangan, Ibrahim yang lahir dari Mariyah Al Qibthiyah wafat. Tepat beberapa saat kemudian, terjadilah gerhana. Maka orang-orang berkata, "Gerhana ini terjadi karena meninggalnya Ibrahim." . Beliau ? bergegas meluruskan. “Sesungguhnya matahari dan bulan adalah 2 dari tanda kekuasaan Allah. Terjadinya gerhana bukan karena kematian seseorang atau kehidupannya. Maka jika kalian melihatnya, berdoalah kepada Allah, bertakbirlah, bershadaqahlah, dan shalatlah.” (HR Al Bukhari & Muslim) #BobotohTV #BobotohID #Bobotoh #Persib #PersibBandung #SholatKhusuf #Gerhana #SuperMoon #BlueMoon

    A post shared by SITUS MANGPRANG SA-ALAM DUNYA! (@bobotohid) on


    "Karena mereka yang sudah mati ingin berdoa pada Alloh SWT agar dihidupkan lagi walau hanya sesat," demikian Ustad Rachmat menyitir kisah seperti yang terdapat di surat Al Muminin 107.

    Adapun fenomena alam Gerhana Supermoon pun seprtinya tidak bisa disaksikan di wilayah Bandung Kota dan sekitarnya. Langit malam tampak berawan dan  gelap karena hujan yang tidak terlalu deras turun di atas wilayah Bandung. (Bobotoh.id/RCK. Foto:AR)




    Luur, Nu Ieu Tos Dibaca?

    Ayo Dibeli