Teranyar

    Google Doodle Poe Ieu: Ilmuwan Tuli Pemenang Nobel!

    7 September 2017 20:11
    Walau tuli semejan usia remaja, tetapi tidak menghalangi Sir John Warcup 'Kappa' Cornforth untuk berprestasi. Kappa adalah seorang ilmuwan yang memenangkan Nobel Kimia pada tahun 1975 untuk karyanya pada stereokimia reaksi yang dikatalisis enzim.

    Cornforth memiliki pengaruh mendalam dalam karya penisilin selama perang. Ia membantu penulisan The Chemistry of Penicillin (Princeton University Press, 1949). Ia menerima Penghargaan Nobel bersama Vladimir Prelog pada tahun 1975 dan dianugerahi gelar kebangsawanan pada tahun 1977. Ia dianugerahi Medali Corday-Morgan pada tahun 1953, Royal Medal pada tahun 1976 dan Copley Medal pada tahun 1982.

    Ieu Rame Lur: BI Menyaram Kasir Gesek Kartu Dua Kali!

    Ia adalah anggota Royal Society dan masih aktif dalam penelitian kimiawi di University of Sussex. Ia dimasukkan ke daftar Tokoh Australia Tahun Ini pada tahun 1975.

    Google Doodle mengangkat karikatur Kappa di hari lahirnya, 7 September. Kappa lahir di Sydney 7 September 2017 dan meninggal di Brighton 14 Desember 2013.

    Dalam penelitian tersebut, Cornforth yang dibantu Vladimir Prelog mempelajari enzim yang mengaktifkan perubahan senyawa organik. Penemuan mereka dari penelitian tersebut membuka pintu bagi banyak penemuan. Termasuk penemuan pengembangan obat penurun kolesterol.

    Ketika hadiah Nobel diumumkan, siaran pers mengakui bahwa penelitian yang dilakukan Cornforth memang sulit untuk dijelaskan pada orang awam. Namun sudah sangat jelas diketahui bahwa jutaan orang mendapatkan keuntungan dari rasa keingintahuan Cornfort tentang cara kerja dan keajaiban di ranah natural. (Bobotoh.id/RCK)

    Luur, Nu Ieu Tos Dibaca?

    Ayo Dibeli