Teranyar

    Hana, Robot yang Pingsan Saat Mencium Bau Kaki

    10 September 2017 14:55
    Jepang kembali membuat terobosan yang unik dalam bidang teknologi. Sebuah perusahaan di Jepang telah selesai mengembangkan robot yang akan pingsan jika kaki Bobotoh kelewat bau.

    Dinamai Hana, yang dalam bahasa jepang berarti "hidung" robot anjing berukuran 15 cm itu dilengkapi dengan sensor yang dapat mendeteksi bau kaki dan mulut. "Sebuah ide brilian untuk memadukan robot di kehidupan sehari-hari," ujar Kenji Kitahashi, walikota Kitakyushu, dilansir dari rocketnews24.com, Minggu (10/9/2017).

    Ieu Rame Lur: Whatsapp Tambah Fitur PIP di Apdetan Terbaru!

    Kitahashi menjadi sukarelawan untuk demonstrasi robot tersebut. Saat Hana mengendus kakinya, robot tersebut tidak pingsan. Itu menandakan bahwa kaki Kitahashi tidak bau.

    Adapun robot tersebut memiliki tiga reaksi saat mencium kaki. Pertama, jika tidak kaki tidak bau, dia akan menempel di kaki. Kedua, Jika bau tidak sedang, dia akan menggonggong. Yang terakhir, Jika kaki berpotensi menimbulkan polusi udara, Hana akan langsung pingsan.

    Hana akan mulai tersedia di pasaran pada musim semi 2018. Bagi para Bobotoh yang ingin memiliki robot unik ini, harus merogoh kocek cukup dalam dengan mengeluarkan biaya 12,2-24,4 juta Rupiah.(Bobotoh.id/Bintang Bilfaqih)

    Luur, Nu Ieu Tos Dibaca?

    Ayo Dibeli