Teranyar

    Hindari Gonta-Ganti BBM!

    27 February 2018 21:27
    BBM jenis Pertamax kembali naik harganya. Sedangkan BBM jenis Premium semakin langka di perkotaan. Akibatnya banyak Bobotoh bergantian mengisi BBM antara Pertamax, Pertalite, atau Premium.

    tetapi gonta-ganti BBM ini kabarnya membuat mesin motor menjadi cepat rusak. Lantas, apakah benar seperti itu atau hanya mitos saja?

    Ieu Rame Lur: Bali Utd. Ditahan Remis Global Cebu!

    Ternyata memang sebaiknya dihindarkan menggonta-ganti jenis BBM, terutama bagi pengendara motor gede (moge). "Pakailan BBM yang sesuai dengan spesifikasi motor yang dipakai," Donald Jhohanson Pakpahan, pemilik bengkel SM Garageyang dilansir Kompas.com beberapa waktu lalu.

    Menurutnya, hal tersebut bisa membuat adanya perbedaan tekanan ke mesin. Bahkan dapat menimbulkan terjadinya "knocking" yang tinggi dan mengakibatkan mesin kurang bekerja dengan maksimal.

    "Yang ada nanti bahan bakar menjadi lebih boros lagi. Jadi sebaiknya dihindari saja," ucap Donald.

    Sementara itu, Tri Yuswidjajanto sebagai dosen Teknik Mesin Institut Teknologi Bandung (ITB) pernah mengatakan bahwa gonta-ganti atau melakukan oplos BBM sangat tidak disarankan. "Tangki yang seharusnya sudah bersih, bisa kotor kembali karena bahan bakar yang tidak beraditif muncul lagi. Efek clean up memang ada, tetapi tidak bisa
    mengikis semuanya," kata Tri. (Bobotoh.id/RCK)


    Luur, Nu Ieu Tos Dibaca?

    Ayo Dibeli