Teranyar

    Kali Ini Google App 'Mengerti' Bahasa Sunda

    12 September 2017 16:04
    Saat ini, Anda bisa memerintahkan telepon genggam Anda untuk melakukan sesuatu menggunakan bahasa Sunda. Ya, seperti dilansir pikiran-rakyat.com pada Selasa (12/9/2017), mulai kini Google App menambahkan bahasa Sunda dalam fitur voice input mereka.

    "Anda bisa langsung mengetuk ikon mikrofon di Google App dan berkata ‎'Batagor nu raos cakeut dieu'. Lalu munculah informasinya. Jangan lupa memastikan anda telah mengganti sistem pengaturan suara ke dalam bahsa sunda," jelas Technical Program Manager, Speech and Keyboard Team Google, Daan van Esch.

    Ieu Rame Lur : Mahasiswa ITB Nyiptakeun Situs nu Bisa Ngaditeksi Berita Hoax

    Mau Tiket VIP Persib Gratis? Klik Disini.....

    Dilaporkan pula, teknologi ini tercipta berkat bantuan dari beberapa perguruan tinggi seperti Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Universitas Sanata Dharma. Selain untuk aplikasi Google App, fitur baru tersebut juga bisa digunakan saat menagkses aplikasi seperti Google Translate serta keyboard pintar.

    Daan van Esch juga menambahkan, Google pun sudah menyiapkan jika seseorang berkata dalam bahasa Sunda menggunakan imbuhan tanpa arti. Imbuhan itu seperti 'teh', 'mah', dan 'da'. (bobotoh.id/Rio Rizky)

    Mau dapat tiket VIP gratis? Caranya mudah, mangga klik disini lalu ikuti aturan mainnya, der ahhh.... Hatur nuhun ! (Isi Kode Resseler : RDK09)

    Luur, Nu Ieu Tos Dibaca?

    Ayo Dibeli