Teranyar

    Kesempatan Menénjo Langsung Viking Claps !

    10 January 2018 17:36
    Islandia menjelma menjadi sorotan di persepakbolaan Eropa, bahkan di dunia dalam kurun tiga tahun terakhir. Hal tersebut tak lepas pascalolos untuk pertama kalinya ke ajang Piala Eropa 2016.

    Tak heran jika saat itu dunia sepak bola terkejut karena negara yang berpopulasi sekitar 330.000 jiwa ini lolos hingga babak perempat final. Bukan tidak mungkin Aron Gunarsson dan kawan-kawan akan kembali membuat kejutan di Piala Dunia yang akan digelar di Rusia nanti.

    Ieu Ramé Lur : Pereus ! Hamka Hamzah Kritik Laga Indonesia Selection vs Islandia

    Tak hanya itu, Islandia juga terkenal dengan sebutan “Viking Clap.” Viking Clap sendiri sebuah ritual khusus dari para pendukung dan pemain untuk membuat koreografi massal di setiap akhir pertandingan.

    Keunikan dari koreografi tersebut mendapat perhatian para pecinta sepak bola dunia. Bahkan, tak sedikit juga pendukung tim lain menirukan koreografi ini karena dianggap sebagai bentuk apresiasi baru terhadap perjuangan para pemain.

    Di sepak bola Indonesia, aksi tersebut juga diadopsi oleh salah satu basis suporter terbesar di Indonesia. Dipimpin oleh sang drijen, Yana Umar, Bobotoh beserta pemain Persib juga menggelar aksi yang sama pada saat ajang turnamen Piala Presiden 2017 dan Liga 1 2017.

    Tak hanya Persib, Pendukung tim nasional Indonesia pun ikut tertular virus “Viking Clap.” Di ajang SEA Games 2017, tepatnya setelah laga melawan Vietnam (22/08/2017) di Stadion Majlis Perbandaran Selayang. Di akhir laga, pemain Indonesia U22 mengajak para pendukung yang hadir untuk melakukan “Viking Clap,” yang disambut secara antusias.

    Jika dirunut sejarahnya, melansir dari situs resmi PSSI, Selasa kemarin (9/1/2018), “Viking Clap” lahir dari aksi yang dilakukan oleh para pendukung klub Stjarnan, salah satu kontestan Liga Islandia. Mereka terinspirasi konsep dukungan dengan tepukan terkoordinir dari pendukung klub Motherwell, ketika kedua tim bertemu di ajang Liga Europa 2014.

    Melalui pengalaman tersebut, pendukung Stjarnan mengadopsi aksi dukungan tersebut saat menyaksikan tim nasional Islandia berlaga.

    Kedatangan tim nasional Islandia ke Indonesia menjadi momen berharga bagi sepak bola Indonesia. Tidak hanya bagi pemain-pemain di tim nasional, tapi juga bagi para pendukung, yang berkesempatan untuk melihat langsung aksi “Viking Clap” dari para pemain Islandia. (Bobotoh.id/AR)


    Luur, Nu Ieu Tos Dibaca?

    Ayo Dibeli