Teranyar

    Liga 3 Super Jalapa 2018 Siap Digelar

    17 April 2018 16:03
    Kompetisi kasta ketiga liga Indonesia atau liga 3 Super Jalapa tingat Jawa Barat akan segera dimulai. Dalam jadwal, kick off Liga 3 Super Jalapa 2018 akan dimulai pada Ahad, (29/4/2018) mendatang.

    Sedangkan untuk launchingnya, seperti dikatakan oleh salah satu pengurus Aprov PSSI Jawa Barat, Andrean Santana, pihaknya akan meresmikan Liga 3 Super Jalapa 2018 di Stadion Warung Jambu, Majalengka pada Jumat (27/4/2018) siang.

    Ieu Rame Lur : Memayunan Persib, Borneo FC Racik Strategi di Ibu Kota !

    "Openingnya tanggal 27 April, pukul 14.00 WIB di Stadion Warung Jambu, Majalengka," terangnya kepada Bobotoh.ID, usai manager meeting di kantor Aprov Jawa Barat, Jalan Lodaya, Kota Bandung, belum lama ini.

    Saat disinggung mengapa kota yang dijuluki Kota Angin tersebut dipilih, Andre sapaan karibnya itu mengatakan, "Supaya engga di Bandung terus, kan biasanya ceremony di Bandung, nah supaya daerah yang lain juga gebyar lah," tambahnya.

    Liga 3 Super Super Jalapa 2018 akan diikuti sebanyak 42 tim se-Jawa Barat. Dari 42 tim tersebut terbagi dalam enam grup. Masing-masing grup dihuni oleh tujuh tim.

    Adapun kompetisi yang akan digunakan kali ini yaitu sistem kompetisi penuh atau double round robin dengan format home turnamen dengan dua putaran.

    "Format kompetisi untuk Liga 3 harusnya home away. Tapi karena keterbatasan, maka kita akan menggunakan kompetisi penuh, istilahnya di home turnamen-keun, misalnya putaran pertama di Sumedang, nanti putaran keduanya di Subang," kata perwakilan Asprov, Iwan.

    Adapun periode Kompetisi Liga 3 Super Jalapa 2018 akan diselenggarakan sejak April hingga Desember 2018. Penyelenggaraan akan digelar secara tiga tahap. Putaran Provinsi, Putaran Regional, dan Putaran Nasional.

    Untuk putaran provinsi, Jawa Barat memiliki kouta 8 tim yang berhak melaju ke putaran Regional. Dalam putaran regional, semua tim peserta Liga 3 akan digabung dengan tim dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali-Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua.

    Dalam putaran tersebut, kompetisi Liga 3 akan menggunakan sistem gugur dengan format home away. Total, ada 24 klub yang akan menghuni babak regional. Untuk putara Nasional, nantinya akan ditentukan oleh PSSI. Sebanyak 6 klub teratas akan promosi ke Liga 2 2019.

    Sementara untuk regulasi pemain, maksimal setiap klub memiliki kuota 18-30 pemain dengan ketetntuan pemain kelahiran 1 Januari 1996 (U-23) dan seterusnya. Semua pemain diharuskan berstatus pemain amatir.

    Penyelanggara boleh menyertakan tiga pemain senior. Pemain yang bermain di Liga 1 dan Liga 2 pada tahun sebelumnya jika akan bermain di liga 3 harus beralih status menjadi amatir sesuai regulasi status dan transfer edisi terakhir.

    Pemain dari Liga 3 pada tahun yang sama dapat berpindah ke klub Liga 3 yang lain hanya satu kali perpindahan pada musim yang sama dengan ketentuan masa perpindahan yang diatur lebih lanjut oleh PSSI. Pemain yang sudah terdaftar di Liga 1, Liga 2, dan Liga U-19 tidak dapat bermain di liga 3.

    Sementara itu, pendaftaran pemain akan dilakukan 2 periode. Untuk putaran provinsi, telah diberlakukan sejak 3 sampai 31 Maret 2018. Sedangkan untuk putaran nasional, waktu akan ditentukan kemudian. (bobotoh.id/AR)

    Berikut adalah pemabagian grup Liga 3 Super Jalapa 2018 tingkat Jawa Barat:

    Grup A (belum ada tuan rumah)
    1. Bandung Timur (Bandung)
    2. Patriot CB (Bekasi)
    3. Buaran Putra (Bekasi)
    4. Mabor Maverrick FC (Depok)
    5. Persikasi (Bekasi)
    6. Persipu (Depok)
    7. Persipasi (Bekasi)

    Grup B (Persikotas)
    1. Persikotas (Tasikmalaya)
    2. Persikoban (Banjar)
    3. Persitas (Tasikmalaya)
    4. Parma FC (Bandung)
    5. Perses (Sumedang)
    6. Putra Jaya (Garut)
    7. Persigar (Garut)

    Grup C (Benfica)
    1. Benfica FC
    2. Roksi FC (Subang)
    3. Blaster FC (Karawang)
    4. Persikas (Subang)
    5. Bone FC (Bandung)
    6. Loreng FC (Karawang)
    7. Persipo FC (Purwakarta)

    Grup D (Persikab)
    1. Persikab (Bandung)
    2. Maung Anom (Bandung)
    3. Bintang Muda (Bandung)
    4. PSKC (Cimahi)
    5. Prima Con FC (Cimahi)
    6. Cimahi Putra (Cimahi)
    7. Fearless Rambo FC (Bandung)

    Grup E (Super progresif)
    1. Super Progresif (Majalengka)
    2. PSIT (Cirebon)
    3. Pesik (Kuningan)
    4. Persima (Majalengka)
    5. Persindra (Indramayu)
    6. PSGJ (Cirebon)
    7. Bina Putra (Cirebon)

    Grup F (Citeureup Raya)
    1. Citeureup Raya (Bogor)
    2. Perssi (Sukabumi)
    3. Persikabumi (Sukabumi)
    4. PSB (Bogor)
    5. Gapura FC (Bogor)
    6. Bintang Timur (Bogor)
    7. Kabomania FC (Bogor) 

    *Tim yang berada di paling atas adalah tuan rumah.


    Luur, Nu Ieu Tos Dibaca?

    Ayo Dibeli