Teranyar

    Mahasiswa ITB Nyiptakeun Situs nu Bisa Ngaditeksi Berita Hoax

    10 September 2017 18:46
    Kebiasaan membeli koran di pagi hari untuk mengetahui kabar dan berita, tampaknya sudah semakin berkurang. Saat ini, terutama di kalangan anak-anak muda, berita lebih banyak dicari lewat media-media online yang betebaran di media sosial.

    Namun, sisi buruknya, ada beberapa media online yang kerap kali menyajikan sebuah berita dengan berangkat dari sumber-sumber yang tidak jelas. Jika pembacanya tidak kritis, maka pembaca tersebut akan mudah tertipu oleh berita bohong/hoax yang disajikan oleh media terkait.

    Ieu Rame Lur : Menyieun Akun Instagram, Ini Foto Orang Terkaya Di Dunia!

    Didorong oleh kekhawatiran ini, beberapa mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) dari jurusan Sekolah Tinggi Elektro dan Informatika (STEI), merancang sebuah website yang dapat mengidentifikasi berita media online yang tidak jelas kebenarannya. Salah satu perancang aplikasi itu, Yafie Abdillah berujar, nantinya masyarakat bisa mengecek kebenaran sebuah berita melalui website itu.

    "Jadi kalau orang-orang bisa cek kebenaran sebuah berita lewat website yang bernama hoaxanalyzer.com," jelasnya mengutip tribunjabar.co.id pada Minggu (10/9/2017).

    Dijelaskan Yafie juga, sebenarnya website tersebut sudah ada sejak lama. Hanya saja, tahun ini Yafie dkk. ditugaskan untuk mempromosikannya kembali. (bobotoh.id/Rio Rizky)

    Luur, Nu Ieu Tos Dibaca?

    Ayo Dibeli