Teranyar

    Mang Ohle, Ikon Koran Yang Persib Pisan !

    8 January 2018 20:07
    Bobotoh yang berdomisili di Jawa Barat atau di Bandung dapat dipastikan cukup familiar dengan tokoh Mang Ohle. Mang Ohle adalah karikatur legendaris surat kabar Pikiran Rakyat, yang saat ini menjadi korat tertua di Jawa Barat.

    Mang Ohle mulai muncul di koran Pikiran Rakyat pada tahun 1955. Kartunis pertama Mang Ohle adalah Sutedjo, seorang perwira AURI berpangkat Letnan Muda Udara asal Madiun, Jatim. Sutedjo memakai nama samaran Teddy MD.

    Ieu Rame Lur: Dua Pemain Persib Tidak Hiber Ke Batam !

    Sebagai penyampai pesan, karakter Mang Ohle ini juga akrab dengan sosok Persib. Dalam unggahan instagram Abahnada, ia mengunggah beberapa karikatur Mang Ohle.


    Pada edisi 16 April 1984 Mang Ohle digambarkan sedang mengibarkan bendera Persib bersama istri dan anak-anaknya. "Menang atau kalah Aku tetap Bersamamu Sib !" kata Mang Ohle yang digambar oleh Didin D. Basoeni (alm.).

    Tidak diketahui momen apa pada saat itu. Apakah menyemangati Persib yang gagal merebut juara Perserikatan pada November 1983 setelah kalah adu pinalti 2-3 dari PSMS. Atau mungkin menyemangati Persib Bandung yang akan berlaga di Piala Jusuf di bulan Mei.

    Pada Piala Jusuf 1984, Persib meraih tempat ke-4 setelah dikalahkan Singapur 1-0. Adapaun juaranya adalah PSM Makassar yang menumbangkan Makassar Utama juga dengan 1- 0.(Bobotoh.id/RCK)


    Luur, Nu Ieu Tos Dibaca?

    Ayo Dibeli