Teranyar

    Menenjo Anak Kepiting Di Muara Pantai Cidora (Video)

    3 July 2017 17:53
    Kepiting adalah binatang anggota krustasea berkaki sepuluh dari upabangsa (infraordo) Brachyura, yang dikenal mempunyai "ekor" yang sangat pendek (bahasa Yunani: brachy = pendek, ura = ekor), atau yang perutnya (abdomen) sama sekali tersembunyi di bawah dada (thorax). Tubuh kepiting dilindungi oleh cangkang yang sangat keras, tersusun dari kitin, dan dipersenjatai dengan sepasang capit. Ketam adalah nama lain bagi kepiting.

    Kepiting terdapat di semua samudra dunia. Ada pula kepiting air tawar dan darat, khususnya di wilayah-wilayah tropis. Rajungan adalah kepiting yang hidup di perairan laut dan jarang naik ke pantai, sedangkan yuyu adalah ketam penghuni perairan tawar (sungai dan danau).

    Ieu Ramé Lur: Ranca Buaya, Destinasi Wisata Menarik Di Pesisir Selatan Jabar ! (Bagian 2)

    Di pesisir Pantai Cidora, Ranca Buaya Kabupaten Garut pun terdapat banyak kepiting. Mereka bertelur di muara sungai.

    Dalam perjalanan libur lebaran ke Rancabuaya beberapa waktu lalu (Kamis- Jumat 29-30 Juni 2017), Bobotoh.id berkesempatan melihat ribuan mungkin ratusan anak kepiting yang baru menetas di muara.

    Syauqi dengan ratusan anak kepiting di Pantai Cidora Rc. Buaya Kabupaten Garut, Jumat 30062017

    A post shared by Ricky (@rickynsas) on


    Menurut Dede Mustiawan, anggota senior Bobotoh Taqwa, anak kepiting di pantai pakidulan' biasa disebut 'Banawa'. Sedangkan menurut kamus basa Sunda, anak kepiting dikenal pula sebagai Bonceret.

    Sayangnya tidak ada pengawasan dari petugas penjaga pantai yang menjaga agar pengunjung tidak mengganggu habitat kepiting di muara. Padahal kehidupan kepiting dan anak-anaknya tersebut bisa menjadi suguhan wisata yang menarik tanpa mengaggu lingkungan.

    Disayangkan banyak sepeda motor yang melintasi muara yang dangkal dan tentu saja dikhawatirkan menganggu perkembangbiakkan kepiting tersebut. Baik itu sepeda motor wisatawan maupun warga setempat.

    Beruntung Bobotoh.id sempat mengambil gambar video saat anggota rombongan, Syauqi, menunjukkan ratusan bahkan ribuan anak kepiting yang hidup di muara. Berikut videonya seperti terdapat di instagram. (Bobotoh.id/RCK)

    Luur, Nu Ieu Tos Dibaca?

    Ayo Dibeli