Teranyar

    Mengenal Carponn, Carita Pondok Naker!

    30 July 2017 18:14
    Orang Sunda pasti telah mengenal Carita Pondok (Carpon). Tapi, taukah bahwa kini juga ada Carponn?

    Carponn adalah kepanjangan Carita Pondok Naker (Cerita Pendek Sekali). Panjang Carponn sendiri tidak lebih dari 2 kalimat. Carponn sendiri biasanya mengandung unsur humor.

    Ieu Ramé Lur: Fotograger Ini 'Mendodoho' Kinerja Running Marshall!

    Hadirnya Carponn sendiri berawal dari grup Facebook dengan nama Carponn. Di Grup tersebut anggota-anggotanya konsisten mengirimkan Carponn.

    Yuyun Yustini, Admin Grup Facebook Carpoon menuturkan tidak ada kriteria yang rumit dalam menulis Carponn. "Yang penting menggunakan Bahasa Sunda yang konsisten, mau pakai Bahasa Sunda lembut atau kasar. Dan tentu tidak mengandung unsur SARA." Jelas Yuyun saat ditemui di acara Jabar Book Fair 2017, Minggu, 30/7/2017.

    Yuyun yang sehari-hari bekerja sebagai editor juga menceritakan jika Grup Carponn sudah memiliki 10 ribu anggota. Anggotanya pun bermacam-macam. Bahkan orang yang tidak memiliki kemampuan di bidang sastra pun bisa bergabung di grup ini.

    "Anggotanya dari mulai yang tidak memiliki keahlian di bidang sastra sampai profesor dan seniman. Salah satunya mantan Rektor Unpad, Bapak Ganjar Kurnia. Bahkan Bupati Purwakarta Bapak Dedi Mulyadi juga sering nimbrung." Jelas perempuan berkacamata ini.

    Grup Carponn sendiri telah berdiri selama 2 tahun. Selama itu pula, Carponn juga sering mengadakan sayembara-sayembara tertutup bagi para anggotanya. Selain di Facebook, karya-karya anggota grup Carponn juga telah dibukukan.

    Bagi orang yang berminat untuk lebih mengetahui tentang Caponn ini bisa langsung bergabung di grup facebook. Syaratnya akunnya hanya menggunakan nama dan foto asli.

    Jika beberapa hari kedepan memiliki waktu luang bisa mendatangi stand Carponn di acara Jabar Book Fair 2017 di Landmark Convertion Hall Jalan Braga 129 Bandung sampai tanggal 3 Agustus. (Bobotoh.id/Muhammad Ma'ruf)

    Luur, Nu Ieu Tos Dibaca?

    Ayo Dibeli