Teranyar

    Menyolong Jengkol, 2 Pemuda Dihukum Adat!

    11 February 2018 15:48
    Aparatur Desa Ie Tarek, Kecamatan Simpang Keuramat, Aceh Utara mengenakan sanksi adat untuk dua pemuda desa itu yakni Zu (20) dan HA (18). Pasalnya keduanya diduga telah mencuri 10 kilogram jengkol milik Idris (40) warga desa yang sama pada hari Jumat lalu (9/2/2018).

    Kapolsek Simpang Keuramat, Aceh Utara, Ipda Abdul Aziz, dihubungi Minggu (11/2/2018) menyebutkan, awalnya warga menangkap dua pemuda tersebut dan dibawa ke kantor kepala desa.

    Ieu Rame Lur: Pertama Kali Dilatih Pelatih Asing

    “Lalu kita jemput kedua pemuda itu, kita bawa ke Polsek untuk menghindari amukan massa,” sebutnya seperti dilansir Kompas.com, Minggu 11/2/2018.

    Menurut keterangan saksi, kedua pemuda itu mengambil sekarung jengkol mentah lalu disembunyikan di sebuah gubuk. Mengetahui aksi itu, warga langsung mengambil jengkol tersebut dan menangkap kedua pelaku. Mereka lalu dibawa ke kantor kepala desa.

    Lalu, sambung Kapolsek, dirinya berkoordinasi dengan Kejaksaan Negeri Aceh Utara sesuai dengan peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 2/2012 tentang penyesuaian batasan tindak pidana ringan dan jumlah denda dalam KUHP.

    “Setelah itu, kasus ini kita serahkan ke desa, diselesaikan sesuai qanun (peraturan daerah) dan sanksi adat di sana. Setelah disepakati antat warga dan aparat desa, kedua pemuda itu diminta meninggalkan desa selama tiga bulan sebagai sanksi atas pencurian yang dilakukannya,” terangnya. (Bobotoh.id/RCK)


    Luur, Nu Ieu Tos Dibaca?

    Ayo Dibeli