Mogok Melajo Perta ..."> Mogok Melajo Perta ...">
 
Teranyar

    Mogok Melajo Pertandingan: Cara Bobotoh Menghukum Persib! (Bagian 2)

    10 October 2017 17:32
    Lanjutan dari Mogok Melajo Pertandingan: Cara Bobotoh Menghukum Persib! (Bagian 1)

    Mengusik keuntungan
    Keuntungan yang didapatkan setiap kali Persib bertanding sangatlah besar. Jumlah Bobotoh yang datang di setiap pertandingan selalu mencapai angka yang fantastis. Ini keuntungan besar bagi klub.

    Azrul Ananda, Presiden Klub Persebaya, dalam sebuah videonya yang diunggah ke Youtube,mengatakan bahwa aspek ticketing menjadi alternatif utama saat sebuah klub sepakbola tidak mendapatkan keuntungan dari aspek-aspek pendapatan yang lain (sponsor, subsidi, dan hak siar). Itu artinya, penjualan tiket setiap laga Persib adalah
    keuntungan yang sangat besar bagi klub.

    Ieu Rame Lur: Edy Meminta FKKSPI & PT. LIB Lakukan Komunikasi

    Mau Tiket VIP Persib Gratis? Klik Di Sini...

    Itu hal yang sangat lucu, saat kemudian Bobotoh ‘dibungkam’ kritikannya oleh klub, klub malah sangat bergantung pada pembelian tiket yang dilakukan oleh Bobotoh. Realitas tersebut sangat sejalan dengan apa yang dialami oleh kaum buruh. Saat pihak korporasi sangat sulit memenuhi hak-hak buruh-buruhnya, saat itu pula korporasi
    menghisap tenaga para buruhnya.

    Senin lalu, Persib hanya mampu memberikan hasil imbang usai menjamu Barito Putra di kandang. Banyak Bobotoh yang kesal dengan hasil tersebut.

    Seperti yang saya ungkapkan di awal, bahwa sikap optimis menjadi keharusan bagi seluruh penggemar klub sepakbola di seantero dunia. Namun, apa yang terjadi terhadap Persib di lima pertandingan terakhir bukan menjadi sesuatu yang pantas di-optimiskan lagi.

    Persib hanya akan merasa tinggi bila Bobotoh terus-terusan memanjakannya dengan menghamburkan kepercayaan dan rasa cinta yang reaksioner. Ini waktunya Bobotoh bergerak. Bobotoh harus lebih berani menyampaikan aspirasinya kepada klub kesayangan.

    Aksi pitch invasion yang dilakukan Bobotoh usai pertandingan melawan Barito Putra hanya akan menempatkan mereka dalam posisi yang kriminil. Berkaca pada apa yang terjadi di Bekasi pada saat Persib dijamu oleh Bhayangkara pada putaran pertama yang lalu, aksi pitch invasion sekelompok Bobotoh saat itu malah membuat salah satu komunitas Bobotoh terancam nama baiknya.

    Sedang Persib tidak sedikitpun sadar. Itu dibuktikan dengan marathon hasil buruk Persib di beberapa laga setelahnya.

    Bobotoh harus lebih berani menggunakan gerakan yang lebih politis. Keuntungan besar yang didapatkan oleh Persib dari sektor ticketing adalah satu-satunya cara untuk Bobotoh ‘menghukum’ sang kebanggaan.

    Sektor ticketing adalah satu-satunya sektor yang dapat disentuh langsung oleh Bobotoh. Sentuhan tersebut barang tentu bukan sentuhan kriminalitas semacam pitch invasion.

    Namun, Bobotoh harus mampu menyentuh sektor tersebut dengan lebih elegan.Perjuangan kaum buruh dengan metode ‘Mogok Kerja’ di beberapa negara bisa menjadi contoh.Kasus terkemuka adalah pemogokan galangan kapal Gda?sk yang dipimpin oleh Lech Wa??sa.

    Saat itu situasi politik di Polandia sangat dipengaruhi oleh peristiwa tersebut. Gelombang besar pemogokan tersebut bahkan sampai mempengaruhi pengambilan kebijakan pemerintah Polandia,bahkan menjadi titik balik runtuhnya komunisme di negara tersebut.

    Metode ‘Mogok Kerja’ yang dilakukan para buruh tersebut dapat Bobotoh implementasikan dalam gerakan kritik terhadap Persib. Hanya saja, mungkin ditransformasi bahasanya sedikit menjadi ‘Mogok Menonton Pertandingan’.

    Mengapa demikian? Di atas sudah coba saya jelaskan bahwa salah satu keuntungan terbesar sebuah klub sepakbola terletak pada sektor ticketing.

    Apa jadinya kemudian bila Bobotoh, yang selalu datang dalam gelombang besar di setiap pertandingan Persib, tidak turut serta menonton pertandingan?

    Kerugian finansial klub? Tentu saja! (Bobotoh.id/Ricky N.Sas)

    Ditulis oleh Bobotoh anak bawang yang sedang melahap bangku perkuliahan di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Sebenarnya jarang berkicau di akun twitter @FFilhana.

    *Redaksi mengundang Bobotoh untuk menulis. Kirimkan tulisan sepanjang 1-2 halaman Microsoft Word atau 250-500 kata ke email idbobotoh.redaksi @gmail.com.

    Redaksi berhak melakukan penyuntingan atas setiap tulisan yang ditayangkan dengan tidak mengurangi atau mengubah esensinya. Tulisan tidak harus sependapat dengan kebijakan redaksi sepanjang tidak menyinggung unsur SARA dan bernada hasutan/provokasi.

    Mau dapat tiket VIP gratis? Caranya mudah, silahkan kontak WA 089662541246 lalu klik di sini dan ikuti aturan mainnya, der ahhh.... Hatur nuhun ! (Isi Kode Reseller : RDK10)

    Luur, Nu Ieu Tos Dibaca?

    Ayo Dibeli