Teranyar

    Pemerintah RI Didesak Memere Status WNI Ke Pengungsi Rohingya!

    3 September 2017 17:23
    Ustadz Bernard Ali Jabbar, Sekretaris Jenderal Komite Advokasi untuk Muslim Rohingya Arakan (Kamra), mendesak pemerintah agar memberikan status kewarganegaraan untuk para pengungsi Rohingya di Indonesia sebagai bukti kesungguhan negara dalam membantu etnis minoritas Rohingya.

    Menurut Bernard, etnis minoritas Rohingya, selama ini, menjadi target pelanggaran HAM dan kekerasan oleh aparat keamanan Myanmar.

    Ieu Ramé Lur: Jupe & Febri Memawa Angin Positif Tim!

    “Kamra atas nama seluruh ormas masyarakat yang peduli terhadap Muslim Rohingya meminta pemerintah sungguh-sungguh menangani pelanggaran kemanusiaan di Myanmar, salah satunya dengan memberikan status WNI bagi para pengungsi Rohingya di Indonesia,” kata Bernard, usai menggelar aksi solidaritas #SaveRohingya di Jakarta, Minggu (3/9/2017), seperti dikutip dari CNNIndonesia.com.

    "Pemerintah seharusnya masih bisa melakukan lebih banyak lagi hal dalam upaya membantu menghentikan penyiksaan terhadap etnis Rohingya di Myanmar," tambah Bernard lagi.

    “Jika tidak mampu memberi seluruh pengungsi Rohingya status WNI, pemerintah seharusnya memfasilitasi mereka untuk bisa pergi ke Australia atau negara lain yang jadi tujuan mereka menetap,” terang Bernard.

    Kamra juga mendesak pemerintah Indonesia agar melakukan langkah tegas demi mendesak pemerintah Myanmar untuk mengakhiri pengucilan dan penyiksaan terhadap Rohingya di Myanmar.

    Bernard juga mengatakan, langkah tegas itu di antaranya dapat berupa penjatuhan sanksi ekonomi hingga pengusiran duta besar Myanmar dari Tanah Air.

    Ia menegaskan, pemerintah harus bersungguh-sungguh mencari jalan keluar untuk kaum Rohingya. Bahkan, Indonesia semestinya jadi pelopor utama yang menggerakkan dunia untuk menyelesaikan isu kekerasan ini.(Bobotoh.id/RCK)

    Luur, Nu Ieu Tos Dibaca?

    Ayo Dibeli