Teranyar

    Pencurian Data, Warganet Ancam Boikot FB WA & IG!

    10 April 2018 19:24
    Pada Rabu (11/4/2018) mendatang, CEO Facebook, Mark Zuckerberg, bakal bersaksi di hadapan Komisi Energi dan Perdagangan Amerika Serikat terkait kasus pencurian data pribadi pengguna. Di hari yang sama, kampanye bertajuk “Faceblock” mengajak pengguna memboikot Facebook, Instagram, dan WhatsApp selama 24 jam.

    Kampanye itu didalangi kolektif netizen di Belgia, Denmark, Irlandia, Malta, Meksiko, Inggris, dan Amerika Serikat. Mereka menilai skandal Cambridge Analytica menunjukkan rapuhnya pengamanan data dan demokrasi di era digital.

    Ieu Rame Lur: Tentang Pemain Debutan, Gomez: Mereka Bermain Bagus, Tapi...

    Dari kasus tersebut, sebanyak 87 juta data pribadi pengguna Facebook global dicuri dan disalahgunakan. “Jika kita melakukan Faceblock bersama-sama dan mengunggah alasan kenapa kita melakukannya, kita akan menyampaikan pesan kuat bahwa Facebook harus lebih baik,” begitu tertulis pada deskripsi kampanye Faceblock, yang dilansir Kompas.com, Senin (9/4/2018).

    Para pencetus Faceblock menuntut tiga hal. Yakni mereka ingin Facebook segera memastikan nasib data pribadi pengguna, menjelaskan sejauh apa penyalahgunaannya, dan mempertegas batasan antara konten negatif dan kebebasan berpendapat.

    Selain jejaring sosial Facebook, Mark Zuckerberg juga memiliki Whatsapp dan Instagram. Aplikasi pengolah pesan popular dan aplikasi berbagi foto itu diakusisi Facebook beberapa waktu lalu.(Bobotoh.ID/RCK)


    Luur, Nu Ieu Tos Dibaca?

    Ayo Dibeli