Teranyar

    Penyalahgunaan Data: Menkoninfo Ancam Blokir Facebook!

    5 April 2018 18:11
    Pengguna Facebook di Indonesia, termasuk salah satu yang menjadi korban kasus Cambridge Analytica. Akibat masalah tersebut, Facebook terancam dijatuhi sanksi dan hukuman karena tidak bisa mengamankan data pengguna.

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, mengatakan Facebook harus mengikuti peraturan di Indonesia, dalam hal ini Peraturan Menteri (PM) Kominfo Tahun 2016 tentang Perlindungan Data Pribadi dan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Facebook sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) harus tunduk pada peraturan tersebut.

    Ieu Rame Lur: Data Pengguna Bocor, DPR Akan Menggeroan Facebook!

    Berdasarkan peraturan yang berlaku, penggunaan data yang tidak pantas oleh PSE berarti telah melanggar kedua regulasi tersebut dan ada hukuman yang menanti. Kemkominfo akan berkoordinasi dengan aparat kepolisian terkait hukuman tersebut.

    "Sanksinya, bisa mulai dari administrasi, hukuman badan sampai 12 tahun dan denda hingga Rp 12 miliar," jelas Rudiantara seperti dilansir Liputan6.com, Kamis (5/4/2018).

    Dalam kesempatan terpisah, Rudiantara sebelumnya mengancam akan memblokir Facebook jika data pribadi pengguna Indonesia disalahgunakan. Pemblokiran juga akan berlaku jika jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg itu gagal menghentikan penyebaran berita palsu jelang Pemilihan Umum mendatang. (Bobotoh.ID/RCK)


    Luur, Nu Ieu Tos Dibaca?

    Ayo Dibeli