Teranyar

    Persib : Sepak Bola & Entertainment !

    16 September 2017 09:57
    Iklan itu dibuka oleh nyanyian dari Sinta & Jojo dengan balutan seragam kaus berwarna putih. Tak lama kemudian, Cristian Gonzales pun muncul sambil melahap sebatang sosis. Pemain berjuluk El Loco itu lantas mengacungkan jempolnya sebagai isyarat bahwa sosis yang sedang dilahapnya itu punya cita rasa jempolan.

    Begitulah sekilas gambaran adegan dalam sebuah produk iklan sosis, yang tayang menghiasi layar-layar televisi Indonesia sekitar tahun 2011. Kala itu, setelah sukses membawa Timnas Indonesia melenggang ke final Piala AFF 2010, Gonzales langsung banyak ditawari menjadi bintang iklan suatu produk.

    Cristian Gonzales sebetulnya hanya satu di antara banyak contoh lain tentang fenomena pesepak bola yang 'merangkap' jadi bintang iklan. Bahkan, pada era 1990-an dulu pun, sudah ada seorang pemain sepak bola Indonesia yang menjadi bintang iklan.

    Contoh yang paling masyhur di kalangan bobotoh Persib barangkali adalah Robby Darwis. Ya, pemain belakang sekaligus salah satu legenda Maung Bandung ini, pernah membintangi sebuah iklan cat tembok di saat dirinya masih aktif bermain bola.

    Bahkan, karena hal ini, Robby sempat mendapat julukan "Si tukang cat" dari bobotoh ketika itu. Bahkan, ketika Persib bermain, teriakan ''Tukang cat'' itu kerap terdengar.

    "Saat itu, para bobotoh juga pernah meneriaki Robby Darwis 'Tukang Cat' di lapangan. Karena pada waktu itu, Robby lebih dikenal saat menjadi model iklan cat di televisi," kenang Dirigen Viking, Yana Umar, menukil arsip berita Inilah.com pada 2011.

    Jika Robby pernah mendapat teriakan "Tukang cat" dari bobotoh karena membintangi iklan produk cat, maka, lain halnya dengan kapten Persib saat ini, Atep. Pemain asli Cianjur ini pernah mendapatkan julukan ''Atep Hino'' dari bobotoh. Julukan yang dilontarkan bobotoh ini tidak lain tidak bukan karena Atep pernah membintangi sebuah iklan mobil truk yang bernama Hino.

    Berita Terkait :  3.300+ Bobotoh : Pemain Persib Selebritis !

    Mau Tiket VIP Persib Gratis? Klik Disini...

    Gonzales untuk sosis, Robby Darwis untuk cat, dan Atep untuk mobil truk. Sebenarnya, kedua produk itu tidak ada hubungannya langsung dengan sepak bola, bahkan dengan olah raga sekalipun. Entah apa pertimbangan dari produk-produk tersebut menggaet pesepak bola sebagai bintang iklan mereka.

    Bahkan di Eropa sana, pada 2016, Cristiano Ronaldo pun pernah membintangi iklan sebuah perusahaan telekomunikasi. Dan tentu, sulit mencari hubungan langsung antara sepak bola dan telekomunikasi. Jika kita mau berhipotesis saja, pertimbangan popularitas dari pemain-pemain yang bersangkutan agaknya menjadi alasan yang paling masuk akal, dipilihnya mereka menjadi bintang iklan.

    Contohnya, saat ini ada nama dua pemain muda Indonesia yang baru saja membela tim nasional U22 di ajang SEA Games 2017. Mereka adalah Ryuji Utomo dan Febri Haryadi. Kedua pemain itu, membintangi sebuah produk iklan sabun pencuci wajah.

    Febri memang saat ini menjadi salah satu pemain muda yang banyak diperbincangkan di Indonesia, setelah pada tahun lalu, ia berhasil menunjukkan kehebatannya bermain bersama Persib Bandung. Sedangkan Ryuji, dikenal oleh banyak orang karena ia jalinan asmaranya bersama aktris nasional, Ariel Tatum.

    Tak hanya itu, salah satu sponsor Liga 1 juga 'memanfaatkan' pemain Persib untuk menjadi bintang iklannya. Michael Essien dan beberapa pemain Persib lainnya didaulat sebagai salah bintang iklan produk transportasi online tersebut.

    Popularitas memang meniscayakan seorang pesepak bola untuk terjun juga di dunia entertainment. Wajar memang, hanya saja, bisakah pemain yang bersangkutan menjalankan karir utamanya sebagai pesepak bola tanpa banyak terganggu oleh profesi sampingan seperti bintang iklan? Lalu, siapkah pemain yang bersangkutan menghadapi dua wujud dunia yang berbeda antara dunia olah raga dan dunia entertainment?

    BobotohID akan coba mengulas perihal topik ini, khususnya tentang pemain-pemain Persib yang pernah menjadi bintang iklan suatu produk. Kami akan menyajikan berbagai pandangan dari orang-orang terdekat pemain yang bersangkutan, perusahaan produk yang menjadikan pemain tersebut sebagai bintang iklan, hingga pandangan dari sesama pesepak bola. Simak semuanya, hanya di BobotohID. ( bobotoh.id/Rio Rizky)

    Mau dapat tiket VIP gratis? Caranya mudah, mangga klik disini lalu ikuti aturan mainnya, der ahhh.... Hatur nuhun ! (Isi Kode Reseller : RDK09)

    Luur, Nu Ieu Tos Dibaca?

    Ayo Dibeli