Teranyar

    Persib vs Arema FC, Uji Coba Tiket Rasa Liga!

    15 March 2018 18:07
    Liga 1 Gojek Traveloka, rencana bergulir tanggal 23 Maret 2018. Sebelumnya Persib Bandung akan mengadakan laga uji coba melawan Arema FC di Stadion GBLA, yang akan berlangsung tanggal 18 Maret 2018.

    Ini adalah hiburan persahabatan sangat menggembirakan karena pertandingan ini diprediksi akan berlangsung meriah dan menghibur ribuan Bobotoh di berbagai tribun. Tentu karena dua klub tersebut merupakan klub besar yang selalu diperhitungkan di Liga Indonesia.

    Ieu Rame Lur: Supardi Mementa Bobotoh Lakukan Ini!

    Pertandingan persahabatan antara Persib Bandung melawan Arema FC merupakan pertandingan rasa liga. Pertandingan ini bisa dikatakan pertandingan big match.

    Tetapi di sisi lain, membuat sebagian Bobotoh merasa tercengang dengan bandrol tiket di website resmi Persib. Melebihi harga tiket di Piala Presiden, ini sangat tidak bijak. Ketika Bobotoh mendambakan pertandingan tim kesayangannya bertanding, karena sudah lama libur, setelah gugur di Piala Presiden.

    Bobotoh merupakan aset dengan loyalitasnya yang tidak perlu dipertanyakan lagi. Tetapi di sisi lain ada pemandangan yang kurang menarik, melihat harga tiket persahabatan yang dikategorikan naik dari harga sebelumnya.

    Hal ini yang perlu dievaluasi oleh segenap manajemen tentang harga tiket persahabatan yang naik. Meskipun hanya berapa ribu, tetapi jika dijumlahkan dari puluhan ribu penonton, jumlahnya mungkin cukup berharga.

    Memanfaatkan loyalitas dari Bobotoh hanya untuk menyaksikan pertandingan persahabatan dengan menaikan harga tiket sangat kurang etis dikarenakan lawannya merupakan klub besar yaitu Arema FC. Sangat ironis karena Persib besar karena loyalitas Bobotoh yang tak kenal padam di setiap pertandingan, sehingga banyak sponsor yang tertarik untuk merapat ke Persib Bandung.

    Mencari selisih uang yang lebih dari sebuah pertandingan besar, padahal hanyalah pertandingan persahabatan, dengan menaikan harga tiket sangat ironis. Karena tidak secara langsung sikap manajemen kurang bijak.

    Di sisi lain Bobotoh sangat menguntungkan tim Persib Bandung, meskipun Bobotoh atau Suporter Persib Bandung yang selalu fanatik sering dikenai denda/sangsi dan membuat manajemen sering dirugikan.

    Tetapi rasanya tidak seberapa dibandingkan loyalitas Bobotoh yang melahirkan Persib menjadi tim besar dan juga merupakan tim paling mapan secara finansial di Liga 1 Gojek Traveloka.

    Bobotoh adalah aset yang menjadikan omzet tidak secara langsung, karena loyalitasnya yang tidak perlu dipertanyakan lagi. Dengan format pertandingan persahabatan harus merogoh kocek uang lebih karena harga tiket yang tidak wajar, sangatlah disayangkan karena pihak panpel/manajemen terkesan memanfaatkan loyalitas Bobotoh dengan harga tiket lebih mahal dari Piala Presiden.

    Ini terkesan mengambil keuntungan yang berlebihan, meskipun lawannya klub besar Arema FC. Bisa dikatakan tiket pertandingan persahabatan rasa liga atau lebih. 

    Ini perlu dievaluasi kedepannya, untuk melakukan berbagai pertimbangan dalam menentukan harga tiket. Meskipun dengan berbagai alasan, karena sebagai Bobotoh menilai dari berbagai sudut itu tidak penting. Yang terpenting bisa menyaksikan Persib Bandung secara langsung di Stadion! (Bobotoh.ID/RCK)

    Ditulis oleh Agus Kusdinar, bobotoh Kompasiana

    Redaksi mengundang Bobotoh untuk menulis. Kirimkan tulisan sepanjang 1-2 halaman Microsoft Word atau 250-500 kata ke email idbobotoh.redaksi@gmail.com.

    Redaksi berhak melakukan penyuntingan atas setiap tulisan yang ditayangkan dengan tidak mengurangi atau mengubah esensinya.Tulisan tidak harus sependapat dengan kebijakan redaksi sepanjang tidak menyinggung unsur SARA dan bernada hasutan/provokasi.


    Luur, Nu Ieu Tos Dibaca?

    Ayo Dibeli