Teranyar

    Persib vs Persija is Drama, Bukan Sekedar Sepak Bola ! (Foto)

    22 July 2017 23:07
    Sepak bola, sudah tidak lagi sekedar pertandingan keterampilan menggocek bola. Bukan sekedar olah raga fisik yang membuat tubuh basah berkeringat.

    Tetapi sepak bola juga adalah drama, sebuah tontotanm sebuah hiburan, denga genre sportainment. Di dalam sepak bola banyak unsur-unsur dramatik seperti yang bisa Bobotoh saksikan di atas suatu panggung pertunjukan.

    Ieu Ramé Lur: Sesali Hasil Imbang, Wa Haji: Kita Main Sudah 'Gila' !

    Mulai dari teknik muncul mengenakan kendaran lapis baja, pemain yang terjatuh jumpalitan tanpa benturan, botol berterbangan, ekspresi wajah, gestur, interaksi dengan penonton (supporter), nyanyian, teriakan, amarah, air mata. 

    Tentu saja Bobotoh yang pernah belajar semiotika akan mengenal semua gejala di atas pada teori semiotika radikal a'la Roland Barthes saat mengkaji sistem tanda dalam pertandingan gulat 'ala Amerika.Barthes menegaskan semua yang terjadi di arena memiliki kaidah dramaturginya tersendiri, memiliki kisah dan ending tersendiri.

    Pun saat pertandingan panas Persib Bandung vs Persija Jakarta yang tersaji di 'teater' Stadion GBLA malam tadi, Sabtu, 22/7/2017. Pertandingan pekan ke-16 Liga 1 itu pun berakhir imbang 1-1 walau begitu banyak emosi terkuras di dalamnya. Itulah drama.

    Kali ini yang menajdi bintang utamanya adalah Vladimir Vujovic (Persib Bandung) dan Ismed Sofuan (Persija Jakarta). Bila ada harus diberi piala, Piala Citra atau Oscar cocok untuk mereka berdua. Ini pujian, buan sindiran!

    Sudah lima pertandingan yang sama antara klub dua kota 'bertetangga' ini berahhir imbang. Karena cerita belum berakhir, karena masih ada drama lain di pertandingan berikutnya. karena sepak bola adalah drama tiada usai! (Bobotoh.id/RCK)















    Luur, Nu Ieu Tos Dibaca?

    Ayo Dibeli