Teranyar

    PT LIB Tetapkan Regulasi Baru Negara Asal Pemain Asing !

    14 February 2018 10:48
    Ada regulasi baru yang ditetapkan PT Liga Indonesia Baru (LIB) terkait negara asal pemain asing yang digunakan klub Liga 1 2018. Dalam regulasi tersebut ditetapkan tidak semua pemain asing boleh bermain di kasta tertinggi Indonesia.

    Chief Operating Officer PT Liga Indonesia Baru, Tigor Shalomboboy menyampaikan, tidak semua pemain asal negara Afrika bisa bermain di Liga 1 2018. Ia menjelaskan, hanya kompetisi-kompetisi yang kualitasnya di atas Indonesia yang bisa memperkuat 18 klub Liga 1 2018.

    Ieu Rame Lur : Kapan Essien Kembali? Ieu Ceuk Zaenuri!

    Adapun pemain yang boleh bermain di Liga 1 2018 adalah pemain yang berasal dari 5 kompetisi domestik Afrika yaitu Tunisia, Mesir, Kongo, Aljazair, dan Sudan. Mereka pun harus bermain di kompetisi tertinggi dari lima negara tersebut.

    "Jadi kami melihat kualitas dari kompetisi di Afrika," kata Tigor kepada BolaSport.com, Senin (12/2/2018).

    "Ini berbeda dengan pemain asal negara (Afrika) yang tidak masuk ke regulasi itu tetapi sudah bermain di Eropa. Mereka itu bisa (bermain), seperti Michael Essien berasal dari Ghana, tetapi (pernah) berkarier di Inggris," tuturnya.

    Keputusan tersebut sedikit menggangu persiapan salah satu tim peserta Liga 1 2018, Persipura Jayapura. Pasalnya, mereka tercancam tidak bisa menggunakan jasa calon pemain asingnya, Pape N’daw.

    Dalam regulasi pemain asing tersebut, negara dari Pape, Senegal, tidak boleh bermain di kompetisi sepak bola Indonesia. Dengan adanya regulasi tersebut tentunya membuat manajemen Persipura harus berpikir ulang dalam perekrutan pemain asing.

    Kian pelik karena pelatih Persipura, Peter Butler, sudah merekomendasikan dua pemain asing asal Ghana dan Botswana. Namun, dua negara tersebut tidak masuk daftar negara yang direkomendasikan untuk pemain asing berdasar aturan PT Liga Indonesia Baru.

    "Dua pemain asing lagi belum bisa didatangkan karena regulasi yang sudah ditetapkan. Negara mereka tidak termasuk list yang terverifikasi tetapi kami akan komunikasi kembali ke pihak liga," ucap Media Officer Persipura, Bento Madubun. (bobotoh.id/Kompas.com)


    Luur, Nu Ieu Tos Dibaca?

    Ayo Dibeli