Teranyar

    Senjata Baru Suporter Sepak Bola Zaman Now !

    3 October 2017 11:50
    Suporter bagi klub sepak bola adalah pemain ke-12. Mereka memberikan semangat dan tenaga tambahan bagi klub tersebut. Tak hanya itu, kehadiran suporter juga bisa mempengaruhi mental tim lawan saat bertanding.

    Senjata andalan suporter untuk menurunkan mental lawan adalah dengan bernyanyi dan berteriak-teriak di Stadion. Terkadang muncul juga teriakan-teriakan kasar. Tak hanya itu, saat suporter mengira lawan bermain curang atau mengasari pemain-pemain klub yang mereka dukung, botol air mineral pun melayang ke dalam lapangan.

    Ieu Rame Lur : Akun Instagram Wasit Agus Mengleungit!

    Mau Tiket VIP Persib Gratis? Klik Di Sini...

    Seiring perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, tindakan-tindakan seperti itu masih bertahan. Namun, khususnya suporter sepak bola memiliki cara baru dalam mendukung timnya yaitu dengan membully.

    Bullyan ini sering dilakukan justru di luar lapangan yaitu di media sosial. Sebagai contoh beberapa waktu lalu bobotoh Persib membully instagram wasit Agus Fauzan Arifin ketika melakukan kekeliruan saat memimpin laga Persiba vs Persib di Stadion Batakan, Minggu (1/10/2017). Tindakan bully tersebut wajar dilakukan karena Bobotoh kecewa terhadap kinerja wasit tersebut, namun sangat disayangkan bullyan juga melebar sampai ke istri dan anaknya.

    Apakah hanya Bobotoh? Tidak juga. Beberapa waktu lalu saat gelaran SEA Games jadi panggung untuk suporter Indonesia membully lawan dari Indonesia. Sebut saja Bek Timor Leste yang bermain kasar dan pastinya bully-an untuk tuan rumah Malaysia.

    Bullyan bahkan tak hanya ditujukan kepada lawan, namun juga kepada tim yang didukung. Untuk ini Persib bisa kembali dijadikan contoh. Banji bullyan akan datang ketika Persib tidak memenangkan laga. Bahkan saat imbang, tindakan sama akan dilakukan Bobotoh. Tak hanya Persib, pemain-pemain yang dianggap bermain buruk juga akan mendapat bullyan tersebut.

    Dulu tindakan seperti ini mungkin ada namun tidak ramai seperti sekarang. Tindakan ini juga memiliki nilai positif misalnya pihak yang menerima bullyan bisa mengevaluasi diri dari kinerjanya dan tampil lebih baik. Tapi jika tidak, suporter hanya membuang-buang tenaga dan kuota.*

    *Penulis adalah seorang bobotoh bernama Muhammad Ma'ruf - (Foto : Ilustrasi)

    Redaksi mengundang Bobotoh untuk menulis. Kirimkan tulisan sepanjang 1-2 halaman Microsoft Word atau 250-500 kata ke email idbobotoh.redaksi @gmail.com.

    Redaksi berhak melakukan penyuntingan atas setiap tulisan yang ditayangkan dengan tidak mengurangi atau mengubah esensinya. Tulisan tidak harus sependapat dengan kebijakan redaksi sepanjang tidak menyinggung unsur SARA dan bernada hasutan/provokasi.

    Mau dapat tiket VIP gratis? Caranya mudah, mangga klik di sini lalu ikuti aturan mainnya, der ahhh.... Hatur nuhun ! (Isi Kode Reseller : RDK10)

    Luur, Nu Ieu Tos Dibaca?

    Ayo Dibeli