Teranyar

    Tsunami, Bencana Dahsyat Yang Perlu Banyak Dipelajari !

    12 December 2017 16:42
    26 Desember 2004 menjadi tanggal yang tidak bisa dilupakan dunia. Di mana tsunami dahsyat di ujung barat pulau Sumatera menjadi bencana terdahsyat di abad modern ini.

    Ratusan ribu jiwa dinyatakan meninggal dan hilang tersapu bencana trsebut. Terutama mereka yang berdiam di pesisir-pesisir pantai Aceh.

    Ieu Rame Lur: Curhatan Tantan Ini Menyintreuk Manajemen

    Dua tahun berselang, tepatnya 17 Juli 2006, bencana serupa menimpa pesisir pantai Selatan Pulau Jawa. Tsunami dahsyat menerjang Pantai Pangandaran dan menyebabkan rausan orang meninggal dunia atau hilang.

    Dua bencana dahsyat di atas menunjukkan betapa sedikitnya pengetahuan manusia akan tsunami. BMKG atau Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mampu menujukkan episentrum gempa dalam hitungan detik. tetapi masih belum bisa memprediksi tsunami.

    Bahkan tsunami itu sendiri masih banyak belum diketahui. Dirilis oleh laman FP Tech Insider di Facebook, para ahli membangun sebuah 'mesin tsunami untuk mempelajari pola dan bentuk gelombang tsunami yang tak belum bisa disimulasikan oleh komputer.



    Mesin yang disebut the Delta Flume itu terdapat di negeri Belanda. Menampung 9 juta liter air dan dapat membuat gelombang setinggi 15 kaki atau 4,5 meter.

    Untuk dapat mempelajari tsunami, mesin tersebut mampu mensimulkasikan gelombang air serupa tsunami. Gelombang air tersebut tidak dapat dismilusiakan oleh komputer.

    dengan alat tersebut para ilmuwan berharap dapat mencari solusi terbaik untuk memahami perubahan musim yang terjadi abad ini. (Bobotoh.id/Ricky N.Sas)


    Luur, Nu Ieu Tos Dibaca?

    Ayo Dibeli