Teranyar

    Unik Peringati Hari Ibu: Hiking Sambil Memulung Sampah !

    23 December 2017 19:14
    Untuk memperingati Hari Ibu serta mengenang jasa Ibu Dewi Sartika, bisa dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan melakukan edukasi Zero Waste atau pengolahan limbah/sampah rumah tangga.

    "Karena dengan kegiatan ini diharapkan bisa mengedukasi Ibu dan anak mengenai pendidiklan lingkungan hidup mulai dari rumah," tutur Tanti Brahmawati, Sekretaris Jendral Sadaya Geulis Hikers kepada Bobotoh.id, Sabtu siang, 23/12/2017 usai kegiatan IKA Sadaya - Sadaya Geulis Hikers.

    Ieu Rame Lur: Dua Manfaat TC Menurut Bek Persib

    Adapun peserta yang mengikuti kegiatan ini di luar dugaan penyelenggara. Karena semula kegiatan ini dibatasi, tetapi pada kenyataannya peminatnya membludak sehingga akhirnya dibatasi.

    "Setelah kami rekap ada sekitar 100 orang peserta, yang terdiri dari 50 anak, 40 dewasa, serta undangan dan panitia lainnya," terang staf pengajar di SMP/SMA YAS Bandung ini.

    Peserta pun beragam, tidak hanya alumni Fakultas sastra Unpad. tetapi juga ada beberapa peserta umum.

    "Mungkin hal ini dampak dari penggunaan media sosial, sehingga acara yang kami semula rancang terbatas jadi lebih luas cakupannya," ujar Tanti lagi

    Kegiatan yang diawali dengan hiking menyusuri bantaran sungai Cikapundung ini sambil memungut berbagai macam sampah organik - anorganik yang ditemukan. Sampah-sampah tersebut dibawa hingga ke Lembah Babakan Siliwangi untuk kemudian dipilah dan dipilih berdasar kategori.

    Untuk kemudian sampah-sampah tersebut kemudian dibawa ke TPS setelah dikelompokan berdasar jenisnya.

    "Hiking di trek ringan (light trail) mulai dari Curug Dago hingga Baksil ini adalah sebagai metode untuk menyampaikan materi Zero Waste dengan efektif. Karena sambil bermain, apalagi anak-anak sekarang sedang libur sekolah, akan lebih mudah menerima pesan yang disampakan," tutur Tanti lagi.

    Kegiatan yang dimulai sejak pukul 08.00 pagi di kampus Fisip Unpad Bukit Dago Atas ini berakhir di Lembah Babakan Siliwangi/Baksil pukul 12.00 WIB.

    Adapun Sadaya Geulis Hikers adalah komunitas perempuan alumni Fakultas Sastra Unpad. Komunitas yang anggotanya tersebar di beberapa kota di Indonesia ini merupakan bagian dari Ikatan Alumni Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Padjadjaran yang berkampus di Jatinangor, Kabupaten Sumedang. (Bobotoh.id/RCK)


    Luur, Nu Ieu Tos Dibaca?

    Ayo Dibeli