Teranyar

    Wasit Asing Juga Bisa Belegug!

    5 November 2017 17:08
    Permasalahan akan wasit ini sudah menjadi hal yang klasik dalam persepakbolaan Indonesia. Sejak dulu di lingkungan bobotoh sudah akrab dengan kata-kata untuk menaggapi wasit yang  bekerja dengan tidak baik saat memimpin sebuah laga.

    Masalah tersebut masih dapat dirasakan saat ini, yang terbaru dan masih hangat adalah perihal keputusan wasit yang kontroversial pada saat pertandingan Persija melawan Persib di Stadion Manahan, Solo, Jumat (3/11/2017) lalu.

    Ieu Rame Lur: Persib Tidak Membogaan Bad Boy & Smart Guy !

    Mau Tiket VIP Persib Gratis? Klik Di Sini...

    Menanggapi hal itu, Redaktur Senior Bobotoh.id Eko Maung, ikut menanggapi soal penggunaan wasit asing tersebut. Menurut Eko, bangsa kita selalu menganggap bahwa orang asing itu akan lebih baik dari pribumi itu sendiri. Bukan hanya soal sepakbola, tetapi di berbagai hal.

    Eko dalam live Facebook di Fanspage Bobotoh.id Jumat malam (3/11/2017), menyebutkan bahwa Wasit asing juga bisa melakukan kesalahan.

    “Orang Indonesia menganggap orang asing itu lebih baik, kapasitas, keilmuan, dll. Padahal tidak juga, kemarin ditunjukan bahwa wasit asing juga bisa belegug,” ungkap Eko Maung.

    Ia menambahkan, saat ini yang diperlukan adalah sertifikasi dan lisensi bagi wasit-wasit di Indonesia. Terlebih, PSSI harus menyetarakan kemampuan wasit berdasarkan pada lisensi yang mereka punya. Karena sertifikasi dan lisensi membuktikan bahwa wasit itu berkualitas walaupun bukan orang asing.

    Menanggapi keputusan kontroversi wasit Shaun Evans yang memimpin pertandingan Persija vs Persib. Eko mengungkapkan bahwa walaupun wasit tersebut terbukti melakukan kesalahan, tetapi tidak akan mengubah hasil keputusannya di lapangan.

    Karena sesuai dengan regulasi FIFA, bahwa keputusan wasit di lapangan itu mutlak, Bahkan Presiden tidak bisa mengganggu keputusan tersebut.

    Tetapi bukan berarti wasit tersebut bebas dari sanksi, mungkin PSSI atau pihak yang berwenang lainnya akan melakukan tindakan terhadap wasit Shaun Evans, jika terbukti melakukan kesalahan pengambilan keputusan. (Nizar Ulman)

    Redaksi mengundang Bobotoh untuk menulis. Kirimkan tulisan sepanjang 1-2 halaman Microsoft Word atau 250-500 kata ke email idbobotoh.redaksi@gmail.com.

    Redaksi berhak melakukan penyuntingan atas setiap tulisan yang ditayangkan dengan tidak mengurangi atau mengubah esensinya.Tulisan tidak harus sependapat dengan kebijakan redaksi sepanjang tidak menyinggung unsur SARA dan bernada hasutan/provokasi.


    Mau dapat tiket VIP gratis? Caranya mudah, silahkan kontak WA 089662541246 lalu klik di sini dan ikuti aturan mainnya, der ahhh.... Hatur nuhun ! (Isi Kode Reseller : RDK11)

    Luur, Nu Ieu Tos Dibaca?

    Ayo Dibeli