Teranyar

    6 Dampak Positif Sosial Media, Apa Aja? Simak Yuk... #ViralkanKabarBaik

    3 November 2018 12:24
    Siapa yang tidak menggunakan media sosial? Bisa dikatakan, hampir seluruh masyarakat Indonesia mempunyai media sosial dengan berbagai macam platform.

    Berdasarkan data yang didapat dari Kemenkominfo ada 63 juta jiwa pengguna internet di Indonesia dimana 95 persennya mengakses sosial media.

    Ieu Rame Lur :

    Untuk Mencyduk Maung, BFC Bocorkan Strateginya!

    Wasit Asal Padang Pimpin Pertarungan The Guardians vs Maung Bandung 

    "Memperluas jaringan pertemanan. Berkomunikasi dengan siapa saja, bahkan dengan orang yang belum kita kenal sekalipun dari berbagai penjuru dunia. Situs jejaring sosial membuat kita menjadi lebih bersahabat, perhatian, dan empati,"
    - Rochsan Rudyantho


    Jika dikategorikan, generasi muda usia 20 hingga 24 dan 25 hingga 29 tahun memiliki penetrasi hingga lebih dari 80 persen pengguna internet di Indonesia. Pada kategori 20-24 tahun ditemukan 22,3 juta jiwa yang setara 82 persen dari total penduduk di kelompok itu. Sedangkan pada kelompok 25- 29 tahun, terdapat 24 juta pengguna internet atau setara 80 persen total jumlah jiwa

    Media sosial merajai konten internet sebagai yang paling sering diakses netizen. Tercatat 97,4 persen orang Indonesia mengakses akun media sosial saat mengunakan internet. Selain itu, indikasi dominasi usia muda terlihat dari aktivitas menonton film secara daring, memutar musik online, dan menonton olahraga online menjadi pilihan utama pengguna internet sebagai sumber hiburannya. Cukup jelas ketiga aktivitas itu dekat dengan gaya hidup kelompok usia muda

    Berdasarkan data yang disampaikan dosen salah satu universitas swasta di Bandung, Rochsan Rudyantho, ada berbagai jenis platform dalam media sosial.

    1. COLLABORATIVE PROJECT. Wikipedia adalah ensiklopedia kolaboratif di mana semua orang bisa menulis, mengedit dan menambah isinya. Banyak orang menggunakan Wikipedia untuk menyelesaikan tugas dan pekerjaan rumah. Hanya saja yang perlu diingat, sesuai dengan sifatnya yang ‘kolaboratif,’ maka siapapun dapat menulis maupun mengubah informasi yang terdapat didalamnya. Untuk itu perlu klarifikasi mendalam setelah memperoleh informasi dari wadah ini.

    2. CONTENT COMMUNITIES. You Tube adalah sebuah web video sharing yang populer dimana para pengguna bisa menonton dan berbagi video secara gratis . Di You Tube kita bisa mengungah video klip sendiri, mempromosikan music , film dll.

    3. BLOGS & MICROBLOGS, sekarang Twitter menjadi salah satu media sosial yang paling banyak digunakan. Aplikasi yang sederhana hanya dengan meng-update status menjadi daya tarik para penggunanya .

    4. SOCIAL NETWORKING SITES, Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial yang diluncurkan pada Februari 2004. Bermula dari jejaring sosial yang didirikan dan diperuntukan untuk mahasiswa Universitas Harvard, Amerika Serikat, kini Facebook menjadi media sosial paling popular di dunia. Di Facebook kita berbagi informasi, foto, dan video dengan teman dan keluarga.

    5. VIRTUAL GAMES WORLDS, virtual worlds terikat diantara online gaming dan social networks, virtual world emulations berubah dari eksperimental menjadi surga untuk immersive*) communities .
    *) bersifat celupan , terlibat secara mendalam.

    6. VIRTUAL SOCIAL WORLDS. Second Life atau Kehidupan Kedua (bahasa Indonesia) adalah dunia maya berbasis internet dan diluncurkan pada tahun 2003. Second Life dikembangkan oleh perusahaan riset Linden Research, Inc. (sering disebut juga sebagai lab Lin- den), komunitas maya ini menjadi perhatian dunia saat diliput oleh media berita pada akhir tahun 2006 dan awal 2007

    Ieu Rame Lur :

    Simon McMenemy Tanggapi Kembalinya Pemain Kunci Persib!

    Pssssttt.... Ada Bobotoh Yang Memere Jasa Foto Produk Gratis Lho! 


    Dalam paparannya di acara "Conten Preneur Di Era Revolusi Digital" yang digagas BobotohID, pria yang akrab disapa Kang Apuy ini juga menyampaikan dampak positif dari media sosial.

    Yang pertama adalah untuk menghimpun keluarga, saudara, kerabat yang tersebar. Berperan untuk mempertemukan kembali kerabat yang jauh dan sudah lama tidak bertemu. Selain itu, media sosial juga sebagai media penyebaran informasi. Informasi terkini sangat mudah menyebar melalui media sosial. Hanya dalam beberapa menit setelah kejadian, kita bisa menerima informasi tersebut.

    "Memperluas jaringan pertemanan. Berkomunikasi dengan siapa saja, bahkan dengan orang yang belum kita kenal sekalipun dari berbagai penjuru dunia. Situs jejaring sosial membuat kita menjadi lebih bersahabat, perhatian, dan empati," katanya.

    Yang kelima adalah sebagai sarana untuk mengembangkan keterampilan dan sosial. Belajar cara beradaptasi,bersosialisai dengan publik dan mengelola jaringan pertemanan yang keenam sebagai media promosi dalam bisnis. Pengusaha kecil dapat mempromosikan produk dan jasanya tanpa mengeluarkan banyak biaya.

    Loading...


    Cik, Naon Komentarna?





    Ayo Dibeli