Teranyar

    BOPI Memere 5 Rekomendasi Buat LIB. Untuk Memacu Semangat !

    10 May 2019 20:47

    Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) menyerahkan lima rekomendasi kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Liga 1 2019.

    Dikutip dari Bolasport, acara yang digelar di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Jakarta Pusat, pada Jumat (10/5/2019) itu juga dihadiri oleh pihak PSSI, Persija, Bhayangkara FC, dan Asosiasi Pemain Profesional Indonesia (APPI).

    Ieu Rame Lur:

    Fabiano Bisa Membantos Membangun Karakter Tim

    Ferry Paulus: Ada Yang Berbeda Dengan Pemberian Rekomendasi BOPI


    Dalam lima poin rekomendasi, BOPI menekankan bahwa PT LIB harus profesional dalam memutar kompetisi semusim penuh. BOPI juga tak ingin kejadian kekerasan pada musim lalu kembali terulang pada musim ini. "BOPI akan bereaksi tegas jika ada tindakan yang tidak diinginkan terjadi," kata Ketua Umum BOPI Richard Sambera.

    Poin kedua, BOPI juga memberi masukan kepada PSSI agar menjadi lembaga yang transparan dan bertanggung jawab kepada kompetisi Liga 1.

    "PSSI seyogyanya bisa menaungi Liga 1 dengan baik, menyediakan pengadil yang bersikap profesional dan berintegritas tinggi mengawal setiap laga Liga 1 2019," ujar Richard lagi.

    BOPI juga menyadari bahwa sepak bola telah menjadi sebuah bisnis olahraga yang menjanjikan.

    Akan tetapi, mantan atlet renang Indonesia itu berharap para pebisnis yang menggeluti bidang sepak bola harus bisa bersikap fair dan adil. Richard juga tak mau ada kasus keterlambatan gaji pemain di tengah kompetisi seperti yang kerap terjadi musim lalu.

    "Klub juga dituntut membangun hubungan baik dengan masyarakat di kotanya dan pendukungnya saat mengikuti Liga 1," ucap dia.

    Selanjutnya, BOPI juga mengimbau para pemain yang berlaga di atas lapangan untuk menunjung sportivitas. "Para pemain harus menjadi contoh masyarakat luas, terutama suporter, bahwa pemain dari tim yang berlawanan pun dapat saling menghormati satu sama lain di dalam dan luar lapangan," tutur Richard.

    Sementara rekomendasi terakhir diberikan BOPI untuk pada suporter. BOPI berharap di Liga 1 2019 tak ada lagi bentrokan suporter yang bahkan hingga merenggut korban jiwa.

    "Semoga saja rekomendasi yang sudah diberikan memacu semangat kita, tak hanya PT LIB selaku operator, tetapi juga 18 klub yg bertanding dengan pakta integritas yang sudah disepakati. Dan juga dengan dukungan dari PSSI semoga apa yang kita cita-citakan dapat terwujud," katanya menutup. (Bobotoh.id/HR - FT : AH)


    Ayo Dibeli