Teranyar

    Bung Abo : Kadang Mereka Tidak Bisa Menjaga nya !

    5 July 2021 14:53
    Kudu ada kemajuan dan kudu tetap melihat perkembangan saat diluar lapangan. Minimal mereka tidak terpengaruh lingkungan
    Ada beberapa fakta unik yang tersaji di Piala Eropah 2020. Dalam Prediksi Duet Maut bareng Super Soccer di Bobotoh.TV - Youtube, Bung Gusdul dan Bung Abo mencoba menilai bagaimana kiprah pemain muda dan tua serta harus bagaimana.

    Pemain tertua datangnya dari timnas Belanda, namanya Maarten Stekelenburg. Mantan kiper AS Roma ini menjadi sosok tertua, pada Sabtu 12 Juni 2021 kemarin, usianya 38 tahun 262 hari.

    Maarten tercatat punya caps Timnas Belanda sebanyak 59. Prestasi terbaiknya bersama skuad Oranye adalah runner-up Piala Dunia 2010, dan ketika itu ia merupakan kiper utama. Namun, tetap saja ada masa keemasan dari seorang pemain bola. Biasanya semakin tua itu semakin jadi.

    "Kalau di kita biasanya kurang memperhatikan pola makan. Misal masih sering makan di emperan," terang Bung Abo.

    Menurut Bung Gusdul, untuk soal asupan makanan kerap jadi masalah. Malahan ada beberapa pemain timnas sempat juga menyimpan seorang temannya untuk membantu membelikan makanan kesukaannya.

    Sedangkan pemain muda ada 2 orang, yaitu Kacper Kozlowski yang lahir pada 16 Oktober 2003. Ia mendapatkan debut di timnas senior Polandia, ketika diturunkan pelatih Paulo Sousa.

    Satu lagi, Jude Bellingham, pemain Timnas Inggris berusia 17 tahun 338 hari ini Rekor pemain muda sebelumnya juga pernah dipegang senior Timnas Inggris, Wayne Rooney, ketika memperkuat Timnas Inggris pada 2003 silam.

    Walau menjadi pemain termuda di Euro 2021, Jude Bellingham bukanlah sosok yang asing. Sebelum bermain bersama Tim Nasional Inggris, Jude Bellingham, adalah anggota tim nasional U-16 dan U-21.

    Penampilannya yang cemerlang membuat anak muda itu dipanggil ke Timnas Inggris di bawah asuhan Gareth Southgate.

    Bung Abo menceritakan pengalamannya saat membela Persib saat umurnya 17 tahun dan timnas yunior. Ada kebanggaan yang sangat luar biasa dan tidak bisa di ungkapkan dengan kata-kata. Juga hal itu berlaku bagi kedua pemain ini.

    "Mereka akan menjadi pemain masa depan, baik di klub maupun negaranya, tambah Bung Abo.

    Yang jelas mereka telah menorehkan prestasi yang bagus. Namun ada kekurangan, misal masih labil. Dan ini jelas menjadi tugas penting sang pelatih.

    "Kudu ada kemajuan dan kudu tetap melihat perkembangan saat diluar lapangan. Minimal mereka tidak terpengaruh lingkungan," jelasnya lagi. (Bobotoh.id/HR)