Teranyar

    Cerita Eca Hanin, Anggota Viking Pamanukan yang Dipanggil Seleksi Timnas Putri

    17 March 2021 15:03
    Eca Hanin Najwa Cahyani, bobotoh Persib yang masuk ke dalam seleksi Timnas Putri Indonesia. (Foto: Viking Pamanukan)
    Mendapat panggilan seleksi Timnas Putri, Eca Hanin mengaku akan bekerja keras untuk bisa menembus skuat timnas.






    Cerita inspiratif datang dari Eca Hanin Najwa Cahyani, seorang putri asal Kecamatan Ciasem, Kabupaten Subang yang berhasil masuk ke tahap seleksi Tim Nasional Putri Indonesia. Menariknya, selain berasal dari Kabupaten Subang, Eca juga merupakan seorang Bobotoh Persib yang juga aktif dalam keanggotaan Viking Distrik Pamanukan.

    Timnas Putri Indonesia sendiri telah menggelar pemusatan latihan (TC) di Jakarta pada sejak 8 Maret lalu. Mereka akan melakukan pemusatan latihan hingga 31 Maret mendatang. Sebelumnya, 38 pemain telah dipanggil untuk mengikuti seleksi Timnas Putri. Nama Eca pun terdaftar sebagai salah satu pemain yang mengikuti seleksi susulan bersamaan dengan pemain lainnya, Indri Yuliyanti.

    Mendapat panggilan seleksi Timnas Putri, Eca Hanin mengaku akan bekerja keras untuk bisa menembus skuat timnas. Timnas Putri Indonesia di bawah asuhan pelatih Rudy Eka Priyambada sendiri memang akan dihadapi agenda internasional yakni pada ajang SEA Games di Vietnam pada November hingga Desember 2021 mendatang. Nantinya, sebanyak 30 pemain akan masuk ke dalam skuat untuk bertanding di SEA Games mendatang.

    Selain tekad untuk menembus skuat Timnas Putri, Eca Hanin juga ternyata memiliki cita-cita untuk bisa bermain di luar negeri. Sejauh ini, memang belum ada pesepakbola putri Indonesia yang bermain di luar negeri, namun Eca mencanangkan cita-cita tersebut untuk bisa ia capat di kemudian hari.



    "Harapan saya pastinya bisa lolos seleksi Timnas Putri, tentunya saya akan kerja keras bisa masuk Timnas terlebih dahulu. Saya juga punya cita-cita untuk bisa main di luar negeri, semoga setelah bisa masuk timnas, cita-cita itu bisa tercapai," ujar Eca saat berbincang dengan Bobotoh.id.

    Selain target menembus skuat Timnas, Eca sendiri ternyata memiliki ambisi untuk bisa masuk ke dalam tim Persib Putri. Sebelumnya, Eca memang pernah mengikuti seleksi untuk masuk ke Persib Putri pada tahun 2019 lalu. Akan tetapi, dirinya dinyatakan tak lolos seleksi pada setelah memasuki tahap akhir.

    "Setelah target main di timnas bisa tercapai, pastinya saya punya target untuk bisa main di Persib. Cita-cita saya memang untuk bisa main di Persib, setelah target bisa main di Persib tercapai, saya juga punya target yang lain lagi seperti bisa main ke luar negeri," tutur perempuan berusia 17 tahun tersebut.

    Mendapati anggotanya masuk ke dalam seleksi Timnas Putri, Pengurus Viking Distrik Pamanukan pun memberikan respon. Salah satu pengurus, Dani Syahrial Ramdhan menyebut Eca Hanin merupakan pesepakbola putri berbakat dari Kabupaten Subang. Eca pun tercatat sebagai pemain sepak bola putri dari tim Porda Kabupaten Bandung. Selain itu, ia juga merupakan pemain futsal dari klub Princess Wijaya Saputra.

    "Ini kesempatan pertama dia dipanggil Timnas Putri. Sebelumnya dia sudah bermain untuk tim sepak bola putri Porda Kabupaten Bandung dan tim futsal Kabupaten Subang," ujar Dani Syahrial.

    "Harapannya semoga dia bisa tembus Timnas Putri, yang terdekat untuk turnamen di Jepang. Setelahnya semoga bisa tembus skuat untuk SEA Games di Hanoi," sebut Dani.

    Bercerita mengenai mengapa Eca bisa bergabung menjadi anggota Viking Distrik Pamanukan, Dani bercerita bahwa awalnya Eca selalu ingin terlibat setiap Viking Pamanukan melakukan tur untuk menonton pertandingan Persib. Selain itu, Eca yang juga masih terikat hubungan saudara dengan Dani pun disebut sangat tertarik untuk mendukung Persib.

    Ke depannya, Dani pun berharap agar Eca bisa masuk ke dalam skuat Persib. Tutur Dani, merupakan sebuah kebanggaan bagi Viking Distrik Pamanukan untuk melihat salah satu anggotanya bisa menjadi pemain Persib.

    "Dia sendiri bergabung menjadi anggota resmi Viking Pamanukan itu sekitar dari 3 tahun lalu, pertama kali gabung itu dia masih SMP kelas 3, sekarang sudah SMA kelas 3," ucap Dani.

    "Kalau dari saya pribadi dan dari Viking Pamanukan, tentunya pasti kami bobotoh ingin ada anggota dari kami yang jadi pemain Persib. Tapi kalau dari saya tidak harus ke Persib juga, di tim lain juga tidak apa-apa, yang penting di bisa mengembangkan bakatnya." pungkasnya. (Bobotoh.id/RF)