Teranyar

    Ceuk Rafi Ghani : Metode Pemeriksaan Swab PCR Banyak Kelebihan nya !.

    30 June 2020 21:17
    Untuk Swab PCR kita langsung mengetahui adanya virus dan tidak adanya virus pada seseorang yang terinfekai atau terpapar
    Dokter tim Persib, M. Rafi Ghani sudah menyampaikan keberatannya terkait wacana pemeriksaan dengan metode Rapid di kompetisi Liga 1. Menurutnya ada metode yang lebih baik dibanding Rapid, yakni pemeriksaan Swab PCR.
    Rafi menambahkan ada banyak kelebihan dari metode PCR. Salah satunya adalah mendeteksi virus di dalam tubuh dan hasilnya bisa didapat secara langsung. 
    "Untuk Swab PCR kita langsung mengetahui adanya virus dan tidak adanya virus pada seseorang yang terinfekai atau terpapar," ungkap Rafi kepada wartawan pada Senin (29/6/20).


    Sedangkan untuk metode Rapid, Rafi mengatakan hanya mendeteksi keberadaan antibody dan tidak mendeteksi virus. 
    "Kalau untuk rapid tes, yang tadi kita hanya mengetahui anti body pada seseorang, artinya pembentukan anti body perlu waktu," tambah Rafi.
    Oleh karena itu Rafi memberi usul agar Swab PCR menjadi tahapan dalam regulasi kompetisi. Selain itu protokol kesehatan harus tetap dilakukan secara disiplin oleh setiap tim yang bertanding guna menjaga banyak pihak dari penularan virus corona.
    "Jadi usulan saya memang Swab PCR memang yang lebih baik kesananya kita ikuti protokol kesehatan yang baik," tuntasnya. (Bobotoh.ID/FY)

    Ayo Dibeli