Teranyar

    DUEL MAUNG BANDUNG vs SERDADU TRIDATU, PERANG STRIKER GARANG

    12 January 2022 20:51
    tintaputih.net/bola.kompas.com
    Dalam bentrokan yang akan berlangsung di Stadion I. Gusti Ngurah Rai, Denpasar-Bali, Kamis (13/1) pukul 20.30 WIB, baik Maung Bandung maupun Serdadu Tridatu dipastikan akan tampil dengan bomber atawa striker garangnya.


    "Saya mah sieun Robert Rene Alberts ngaduetkeun Nick Kuipers jeung Supardi. Kabayang Nick komo Supardi mah, bakal kateken. Soalna, itu trio penyerang Bali United garanas,"
    - Asep Husin, bobotoh asal Gegerkalong Hilir,

    Memasuki laga kedua Seri Ke-4 pada putaran kedua BRI Liga 1 2021-2022, pertarungan klub papan atas tambah menyengat.

    Itu dimungkinkan, lantaran perolehan poin yang amat sangat ketat di klasemen sementara sampai dengan keluarnya laga pekan ke-18.

    Tengok saja, poin yang dimiliki Persib Bandung, Arema FC dan Bhayangkara FC, sama 37. Namun Maung Bandung unggul dalam mencetak gol, lebih subur, sehingga, pemuncak klasemen digenggam pasukan Robert Rene Alberts.

    Di bawah Persib Bandung, Arema FC dan Bhayangkara FC, Persebaya di peringkat keempat dengan poin 36. Dan di posisi kelima sang juara bertahan kompetisi musim lalu, Bali United poin 32.

    Jadi, jarak perolehan poin di antara klub papan atas satu sama lain berbeda tipis, dan berpotensi besar saling salip menyalip.

    Dari 9 pertandingan yang terjadwal di pekan ke-19, partai menarik yang jangan sampai terlewatkan untuk ditonton, adalah duel Persib Maung Bandung versus Serdadu TRIDATU, julukan tim asal Pulau Dewata, Bali United.

    Dalam bentrokan yang akan berlangsung di Stadion I. Gusti Ngurah Rai, Denpasar-Bali, Kamis (13/1) pukul 20.30 WIB, baik Maung Bandung maupun Serdadu Tridatu dipastikan akan tampil dengan bomber atawa striker garangnya. Sehingga perang striker garang pun tak akan terelakan.

    Menghadapi duel panas ini, sementara Persib dirundung malang dengan absennya tiga pemain andalannya, yakni Marc Klok, Achmad Jufriyanto dan Ardi Idrus akibat hukuman akumulasi kartu kuning. Sebaliknya, Bali United benar-benar siap tempur menantang Persib.





    Itu tak lain, karena Serdadu Tridatu kini memiliki amuni anyar yang moncer. Selain bomber Spasojevic, kini Bali United memiliki striker garang asal Kameran yang sempat bermain di Kamboja dan Thailand, dan selalu mencetak banyak gol.

    Preevat Mbarga, striker itu. Ketajamannya sudah dibuktikan saat Serdadu Tridatu menggasak Barito Putera di pekan ke-18. Dia menjadi trio penyerang Bali United bersama Spaso dan Irfan Jaya.

    Jelas, ini menjadi tugas yang tidak bisa dipandang sebelah mata oleh Robert Rene Albert. Apalagi Nick Kuipers belum dipastikan akan berduet dengan siapa di pos bek tengah.

    Sejatinya, untuk menghadang gebrakan trio Irfan Jaya, Spaso dan Preevat Mbarga, Nick Kuipers kudu ditandemkeun jeung Victor Igbonefo. Kalau pun kondisi Victor Igbonefo belum 100 %, karena baru beres karantina.

    Pilihan lain, boleh diberikan (kepercayaan) kepada bek tengah muda potensial, Kakang Rudianto. Persib Bandung boleh dibilang gede meunang kontra Bali United. Paling banter seri kalau gak kalah. Dan di putaran pertama, meski Serdadu Tridatu bermain dengan 10 pemain, hasil akhir tetep remis.

    Terlepas dari strategi macam mana dan formasi apa yang akan diterapkan, serta starting line up pemain yang akan diturunkan coach asal Belanda itu ?

    Sekadar bayangan, melawan pasukan Stefano Cigura, Teco bekennya, sebaiknya tak ada salahnya diapungkan formasi 4-2-3-1.

    Untuk kiper Teja Paku Alam menjadi pilihan utama. Untuk menghendel pergerakan Irfan Jaya pos bek kanan bisa ditugaskan Henhen Herdiana. Dan untuk mencegah terobosan Preevat Mbarga, siapkan Zalnando. Sehingga Nick Kuipers dan Victor Igbonefo tinggal mengantisipasi serangan Spaso, yang biasanya datang dari tengah.

    Kemudian untuk lini tengah, Dedi Kusnandar bisa mengisi pos yang ditinggalkan Marc Klok. Dia bisa bahu membahu bareng Mohammed Rashid sebagai gelandang bertahan, yang tetap memberikan umpan-umpan ke depan. Sayap kanan tetap Febri Haryadi dan sayap kiri Bruno Catanhede. Sedangkan Beckham Putra Nugraha bisa jadi gelandang serang yang berada di belakang David da Silva sebagai striker murni.

    Lantas, untuk pergantian pemain jangan tergesa-gesa. Terlebih menarik Bruno Catanhede. Biarkan dia bermain sepuasnya, kecuali cidera.

    Siapkan saja pemain pengganti Frets Butuan, Kajang, Abdul Azis, dan Esteban Vizcarra. Melihat kekompakan sekaligus ketajaman trio penyerang Serdadu Tridatu, ada.bobotoh yang hariwang dengan absennya Marc Klok, Achmad Jufriyanto dan Ardi Idrus. Terutama untuk posisi duet Nick Kuipers, kalau kalau Victor Igbonefo tidak dimainkan.

    "Saya mah sieun Robert Rene Alberts ngaduetkeun Nick Kuipers jeung Supardi. Kabayang Nick komo Supardi mah, bakal kateken. Soalna, itu trio penyerang Bali United garanas," keluh Asep Husin, bobotoh asal Gegerkalong Hilir, Bandung, Rabu (12/1) sore.

    Jadi, lanjut Husin, pertahanan Persib kudu waspada terhadap trio penyerang itu. "Intinya mah, tong gagabah nyetelkeun pemain belakang. Hareup mah tong salempang, David da Silva jeung Bruno Catanhede oge Harade," imbuhnya.

    Menurut kacamata CBB, asal tidak ada yang bermain mata, karena berbau saudara, duel ini bisa banjir gol. Ini dimungkinkan, lantaran masing-masing striker garang dari kedua tim ingin menunjukkan ketajamannya. 3-2 (2-1) skor yang adil.

    Gak percaya ? Saksikan saja perang striker garang ini di layar kaca Indosiar di rumah masing-masing, sambil ngopi Kopi Gadjah dan ngudud Djarum Super. Bravo Maung Bandung dan Bobotoh.Id. Lanjutkan kemenangan !
    (h.ss) *