Teranyar

    Ezra Walian Diizinkan Bela Timnas

    16 June 2021 10:44
    Ezra Walian telah diizinkan bela timnas. (Bolalob)
    Penyerang Persib Bandung Ezra Walian kini sudah mendapatkan izin untuk berseragam timnas Indonesia di turnamen FIFA, setelah alih status dirinya dari warga negara Belanda menjadi Indonesia yang telah tuntas dan dipastikan PSSI.

    Kepastian itu telah dipublikasi oleh PSSI pada Senin (14/6/2021). Ezra pun bahagia mendengar kabar tersebut.

    "Hari ini adalah hari yang baik! FIFA sudah memberikan lampu hijau, asosiasi saya sudah berubah dan akhirnya boleh tampil untuk negara saya lagi," tutur Ezra Walian di akun instagram pribadinya, @ezrawalian (14/6/2021). 

    Pemain berposisi striker milik Persib itu pun tak sabar untuk bisa berkontribusi untuk timnas.

    "Mari kita lanjutkan kerja keras dan melakukan hal yang saya paling cintai, bermain bola dan kita akan lihat apa yang akan terjadi di masa depan! Terima kasih kepada PSSI dan Persib. Terima kasih banyak juga buat semua suporter atas dukungannya," tutur Ezra.

    Stefano Lilipaly, Raphael Maitimo, dan Victor Igbonefo ramai merespon diunggahan media sosial nya masing-masing.

    Sementara itu, terakhir Ezra tampil membela timnas adalah di ajang SEA Games 2017. Setelah itu, saat hendak membela timnas U-22 pada laga Kualifikasi Piala AFC U-23 2020, Ezra dilarang bermain oleh AFC karena menerima memorandum dari federasi sepak bola Belanda, KNVB, terkait status warga negaranya. Ternyata Ezra masih masuk dalam daftar pemain Belanda di KNVB.

    KNVB sebenarnya bukan tak mau melepas Ezra. Tapi menanti kerja aktif PSSI untuk mengurusnya secara langsung ke FIFA melalui Komite Status Pemain.

    Akhirnya pada 11 Juni 2021, PSSI kembali berkoordinasi dengan FIFA dengan mengirimkan akte kelahiran orang tuanya sebagai kelengkapan administrasi.

    Langkah PSSI itu direspon oleh Head of Players Status FIFA, Erika Momtemor Ferreira. Pada 14 Juni 2021 akhirnya FIFA merestui Ezra Walian sebagai warga negara Indonesia di mata hukum sepak bola.

    (Bobotohid/Bolalob)