Teranyar

    Gian Zola "Disingkirkan" Dari Persib

    8 July 2021 10:29

    Kedatangan 2 amunisi Persib Bandung, Mohammed Rashid dan Marc Klok membuat persaingan memperebutkan tempat utama di lini tengah skuat Maung Bandung kian semarak.

    Bergabungnya Rashid dan Klok, membuat Persib memiliki tujuh pemain berposisi gelandang. Sebelumnya, sudah ada Dedi Kusnandar, Gian Zola, Beckham Putra, Abdul Aziz, dan Syafril Lestaluhu. 

    Pelatih Persib Robert Rene Alberts, merasa senang dengan kedalaman skuad Persib, khususnya di lini tengah ditambah dengan kehadiran Rashid dan Klok membuat sektor tengah Maung Bandung menjadi lebih kuat.

    Sebelumnya Persib kehilangan dua sosok yang menjadi andalan lini tengah, Omid Nazari dan Kim Jeffrey Kurniawan. Keduanya memutuskan hengkang dari skuad Persib pada Februari lalu. Nazari memutuskan melanjutkan karier di Filipina, bersama United City FC. Adapun Kim, memilih hengkang ke PS Sleman.

    "Kehilangan pemain dari musim sudah kami atasi karena ada dua pemain berkualitas seperti Rashid dan Marc. Tentunya kehadiran mereka menambah kekuatan di lini tengah kami," ujar Alberts.

    Kehadiran Rashid maupun Klok dalam skuad Persib, memang berdampak positif bagi Pangeran Biru. Akan tetapi, tidak untuk beberapa pemain, yang sebelumnya sudah kesusahan menghadapi persaingan mendapatkan tempat utama. Salah satunya adalah Gian Zola. Rintangan yang dihadapi Zola untuk mendapatkan menit bermain reguler di tim Persib akan semakin berat, setelah kedatangan Rashid dan Klok.

    Persaingan yang akan dihadapi Zola bukan hanya dengan Rashid atau Klok, melainkan juga dengan para seniornya seperti Dedi Kusnandar dan Abdul Aziz. Juga jangan lupakan, Beckham Putra Nugraha, wonderkid Persib yang tak lain adik kandungnya sendiri.

    "Zola sempat absen dalam waktu yang lama karena cedera yang serius dan tentu sulit bagi Zola untuk mendapat tempatnya jika melihat pemain-pemain yang tersedia," ucap Alberts.

    Dalam beberapa hari terakhir, muncul rumor bila Persela Lamongan berkeinginan untuk meminjam Zola dari Persib. Soal isu tersebut, Alberts mengatakan, sampai dengan saat ini belum ada penawaran yang masuk dari klub lain untuk Zola. Hanya saja, Alberts membuka pintu bagi semua klub yang tertarik untuk meminjam pemain muda Persib, khususnya Zola.

    Alberts menilai, peminjaman akan menjadi opsi yang bagus bagi Zola dalam mengembangkan potensinya. Biar bagaimana, Zola adalah gelandang bertalenta. Dia membutuhkan lebih banyak panggung di kompetisi agar potensinya terus terasah.

    Peminjamannya ke klub lain, adalah langkah strategis yang bisa diambil untuk mengembangkan bakat Zola, agar bisa menjadi tulang punggung lini tengah Persib di masa depan. 

    "Dan untuk Zola, dalam hal ini, jika ada klub (tertarik meminjam) itu bagus bagi Persib. Karena ketika masa peminjaman sudah selesai, pemain sudah mulai sering bermain dan siap untuk mendapat posisinya di tim lagi," tegas pelatih asal Belanda.

    (Bobotohid/GD)