Teranyar

    Guntingan-Guntingan Foto Dan Artikel MAH5UTARI !

    1 December 2020 15:20
    Foto: IST/@mah5utari)
    Ia juga aktif di Facebook dan kerap memposting koleksinya ke grup Galeri Sepak Bola Nasional atau Zona Memori Sepakbola Klasik Indonesia
    Selain History of Persib yang menyimpan banyak data pertandingan serta sejarah Persib bandung dari masa ke masa, ada @Mah5utari yang memiliki kegemaran serupa.

    Beruntung Bobotoh.id bisa menghubungi Mah5utari untuk melakukan wawancara tertulis/korespodensi. Seperti juga Abah historyofpersib, keduanya tetap ingin tampil dengan akun pseudonim mereka dan menyembunyikan identitas aslinya.

    Salah satu yang menarik dari @mah5utari ini selain di Twitter, ia juga aktif di Facebook dan kerap memposting koleksinya ke grup Galeri Sepak Bola Nasional atau Zona Memori Sepakbola Klasik Indonesia




    Berikut hasil wawancara tertulis disajikan dalam bentuk tanya jawab tertulis melalui e-mail/whatsapp pada hari Senin, 13/1/2020. Tentu ada penyesuaian pada tanda baca, ejaan, dan penulisan lainnya agar mendekati kaidah Ejaan Bahasa Indonesia (EBI).

    1.Sejak kapan mulai menyimpan kliping sepak bola? Tahun berapa?

    Awalnya dulu sewaktu sekolah SD (sekitar tahun 80an akhir-90an awal) kakek dan paman suka membeli koran PR, Tabloid Bola, Majalah Tempo dan lain sebagainya. Mereka mengenalkan sepakbola/persib dari situ. Saya jadi ikut-ikutan membaca, suka, keterusan sampai beli sendiri. Sampai uang jajan kadang habis hanya untuk dipakai buat membeli koran/tabloid/majalah tersebut.

    2. Apa yang membuat anda mula-mula tertarik untuk mengkoleksi beragam informasi itu?

    Suka saja, kadang cuman menumpuk di bawah kolong tempat tidur, atau digunting-gunting disimpan di kertas karton/HVS, dibukukan atau ditempel di dinding. Sudah menjadi kegemaran serta kepuasan anak-anak seperti saya pada waktu itu.

    3. Darimana anda mendapatkan bahan untuk kliping? Apakah dari koran? tabloid? majalah?

    Tabloid Bola/GO/Majalah Sportif yang waktu itu jadi rujukan berita-berita olahraga terutama sepakbola.

    4. Bagaimana cara menyimpan kliping selama ini? Tentunya tidak mudah, apalagi banyak sekali berasal dari era tahun 1990an.

    Saat itu tidak terpikirkan kenapa saya menyimpan, mencatat, membukukan, mungkin hanya sekedar hobi saja. Dulu tak berpikir susah, hanya tinggal simpan atau gunting-gunting foto/gambar/artikel. Terkadang ditulis juga hasil-hasil pertandingan di buku note/agenda (yang hardcover, bawaan kakek dari kantornya yang tidak terpakai).

    5. Tentang Persib, artikel tertua yang dikumpulkan dari bulan dan tahun berapa, tentang apa?

    Kebanyakan yang saya kumpulkan hanya yang alami saja sejak kecil, karena saya aslinya bukan seorang kolektor atau seorang peneliti yang sampai mencari-cari, jadi saya hanya mengumpulkan yang saya alami saja sewaktu masa saya kecil tersebut.

    Artikel yg saya punya (yang saya ingat) paling tua palingan Majalah Tempo tahun 1985 waktu Persib kalah di Final kedua kalinya lawan PSMS dalam Kompetisi Perserikatan.

    6. Terakhir: apakah sekarang masih mengkliping artikel sepak bola Indonesia. Kira-kira akan sampai kapan?

    Kalau untuk jaman sekarang sudah beda eranya, yah seperti yang sudah saya bilang di atas, saya hanya mengumpulkan artikel koran/tabloid/majalah yang saya alami saja, hanya ingin mengenang masa-masa kecil saya saja agar tidak hilang ingatan hal yang menurut saya menyenangkan tersebut.

    Jadi saya hanya mencari-cari data yang berhubungan dengan masa-masa tersebut saja. Kadang tiba-tiba ada ingatan/memori yang saya ingat tapi data/kliping nya kurang/tidak ada, nah saat itu juga mulai mencari-cari. (Bobotoh.id/RK-HR)
    .