Teranyar

    Islandia, Negeri Sejuta Son!

    22 June 2018 20:08
    Islandia menjadi salah satu negara yang fenomenal di bidang sepak bola. Menarik perhatian saat lolos Piala Eropa 2016, Islandia menawan saat lolos ke 32 besar Piala Dunia.

    Uniknya, nama-nama para para pemain Islandia berakhiran Son. Hanya satu nama yang tidak berakhiran Son.

    Ieu Rame Lur: Kerabatnya Seleksi di Persib, Ieu Pesan Ardi !

    Ia adalah penjaga gawang ketiga, Frederik Schram. Schram bukan orang Islandia asli. Selain lahir di Denmark, ayah Schram juga orang Denmark.

    Ibunyalah yang orang asli Islandia. Namun, Schram sudah membela Timnas Islandia sejak muda. Pada 2011, ia tergabung dalam skuat Timnas U-17.

    Ieu Rame Lur:Indahnya Nyetadion Bareng Mantan!

    Dilansir Kumparan Kamis, 21/6/2018, Islandia memiliki aturan penamaannya sendiri. Untuk laki-laki, namanya wajib diakhiri dengan ‘-son’, sementara ‘-dottir’ menjadi akhiran yang harus ada di setiap nama anak perempuan.

    Karena memiliki aturannya sendiri, pemerintah Islandia tak main-main untuk mengurus penamaan warganya. Keseriusan ini ditunjukkan oleh keberadaan Komite Penamaan Islandia, yang dalam bahasa aslinya disebut Mannanafnanefnd.

    Ieu Rame Lur:3 Pemain Indonesia Ini Direkrut Klub Kamboja!

    Orang-orang Islandia akan mengajukan nama untuk anak-anaknya pada komite ini. Komite ini punya wewenang untuk meloloskan ataupun menolak permohonan tersebut.

    Di antara semua syarat, salah satu yang harus digarisbawahi dan diingat betul-betul adalah, nama orang Islandia asli tak boleh mengandung huruf yang tak ada dalam alfabet Islandia, yaitu c, q, w, dan z.

    Itulah sebabnya bila diperhatikan, nama 22 pemain Islandia (tentu minus Schram) tidak ada yang mengandung ke empat huruf tersebut.

    Umumnya, nama-nama orang Islandia akan terbagi dua bagian. Yang pertama, nama depan. Yang terakhir, adalah nama orang tuanya. Jadi, kalau si pria bernama Gylfi Sigurdsson, besar kemungkinan nama ayahnya adalah Sigur. Dengan begitu, 'Gylfi Sigurdsson' bisa diartikan sebagai 'Gylfi, putra Sigur'.

    Tadinya, orang-orang Islandia menggunakan nama ayah sebagai nama belakang. Namun, sekarang, ada pula yang menggunakan nama ibu untuk belakang. Misalnya, Heidar Helguson, yang memiliki nama ibu Helga.

    Tak dapat dimungkiri, penamaan menjadi hal yang rumit bagi orang-orang Islandia. Namun, segala kerumitan ini punya tujuan.

    Orang-orang Islandia ingin agar kultur bahasa mereka tetap terjaga. Keberadaan peraturan ini bertujuan supaya diksi Islandia tidak tercampur-campur dengan bahasa lainnya. Bagi warga Islandia, bahasa menjadi identitas kebangsaan yang perlu dirawat sedemikian rupa.

    Nah bagaimana bila nama pemain Persib menjadi nama Islandia? Tentu akan ada Dedenson, Harionoson, Supardison, Ghozalison, Atepson, Henhenson, Erlanggason, atau Ardiidrusson.... (Bobotoh.id/RCK)
    Loading...


    Cik, Naon Komentarna?





    Ayo Dibeli