Teranyar

    Masuk Angin, Rene Mihelic Menyobian Pijat' A'la Indonesia!

    22 June 2019 15:12
    Rene Mihelic mencoba terapi pijat 'kerokan' yang lekat dengan kebiasaan orang Indonesia untuk menghilangkan masuk angin
    Gelandang Persib Bandung asal Slovenia, Rene Mihelic, baru kali ini bermain untuk tim sepak bola Indonesia. Karena bermain untuk Persib Bandung sedikit-sedikit ia mempelajari banyak ragam adat dan kebudayaan Indonesia, terutama kultur urang Sunda.

    Salah satu hal yang menarik, Rene mencoba kerokan, atau yang ia sebut sebagai 'Traditinola Indonesian coun massage'. Hal itu ia unggah dalam instastory akun instagramnya tadi malam, Jumat (22/3/2019).

    Ieu Rame Lur:

    Jupe: Anak-anak Maung Membogaan Visi Yang Sama

    Pesan Abah Obet: Suporter Harus Belajar Berperilaku Baik

    Dalam unggahan instastory yang menurutnya 18+ itu, Rene berfoto dalam posisi tengkurap memperlihatkan bagian punggungnya yang dipenuhi garis merah hasil kerokan.



    Menurut laman wikipedia, Budaya kerokan ternyata sudah ada sejak zaman kerajaan dahulu. Bahkan raja-raja dan petinggi kerajaan Nusantara banyak yang melakukan terapi ini untuk kesehatan. Terapi ini digemari, karena rasanya yang manjur dan murah tentunya untuk sebuah penyembuhan penyakit.

    Ieu Rame Lur: Diwarnai Insiden Benturan, PSS Tahan Gempuran BFC!

    Madura United Tim Yang Kuat & Harus Dipelenoykan

    Ada kepercayaan bahwa koin juga berfungsi untuk menarik roh jahat yang membuat penderita sakit keluar dari badannya, karena roh jahat seringkali dianggap tertarik dengan uang. Semakin merah dan gelap tanda guratannya, semakin parah masuk anginnya.

    Cara untuk mengatasi gejala masuk angin yang serupa dengan "Kerokan" tidak hanya populer di Indonesia, tetapi juga banyak disukai oleh orang-orang di negara-negara asia lainnya. Vietnam menyebut teknik serupa sebagai cao giodi, sedangkan di Kamboja menyebutnya goh kyo.


    Di Cina yang terkenal dengan akupunturnya menyebut teknik serupa untuk melancarkan peredaran darah dengan gua sua. Orang Tionghoa memakai batu giok, ada pula yang memakai kepingan uang logam atau benda kecil berbentuk bulat lain. (Bobotoh.ID/RCK. Foto: AH)
    Loading...


    Cik, Naon Komentarna?





    Ayo Dibeli