Teranyar

    Mengenal Likuifaksi, Kejadian Alam Yang Meneleg Banyak korban Jiwa Di Palu!

    9 October 2018 15:03
    Salah satu penyebab jatuhnya banyak korban di Palu adalah proses Likuifaksi. Usai gempa bumi 7,4 SR yang mengguncang wilayah Palu, Sulawesi Selatan tercatat, ada sekitar 1.747 hunian di Balaroa dan 744 rumah di Petobo ditelan lumpur akibat proses likuifaksi. Diduga, ada ratusan orang yang juga ikut terhisap di bawah lumpur tersebut.

    Nah Bobotoh, apakah lukifaksi itu? Likuifaksi menurut Wikipedia adalah pencairan tanah atau likuifaksi tanah (bahasa Inggris: soil liquefaction). Adalah fenomena yang terjadi ketika tanah yang jenuh atau agak jenuh kehilangan kekuatan dan kekakuan akibat adanya tegangan, misalnya getaran gempa bumi atau perubahan ketegangan lain secara mendadak, sehingga tanah yang padat berubah wujud menjadi cairan atau air berat.

    Ieu Rame Lur:

    Pesan Kiper Persebaya Kepada Bonek Usai Diprovokasi Aremania

    Insiden Kanjuruhan: PSSI Tidak Akan Memere Toleransi!

    Di media sosial pun tersebar proses likuifaksi yang melanda Petobo. Rekaman cutra satelit WorldView itu memperlihatkan bagaimana dahsyatnya likuifaksi melanda Petobo, seperti yang diunggah akun @sutopo_pn Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB.

    Sedangkan akun @qronoz di Twitter memperlihatkan visualisasi sederhana likuifaksi dalam sebuah video pendek berbahasa Inggris yang mudah dimengerti.

    Ieu Rame Lur:

    Pelatihnya Dipukul Saat Menglawan Barito, PSMS Lapor PSSI

    Relawan Jawa Barat Bahu Membahu Memersihkan RS Undata!

    "Penjelasan lewat eksperimen di video ini ngasih gambaran cukup jelas tentang gimana bisa ada likuifaksi kayak yang terjadi di Palu," tulisnya 4/10/2018 lalu. (Bobotoh.ID/RCK. Foto: Sigab Persis)
    Loading...


    Cik, Naon Komentarna?





    Ayo Dibeli