Teranyar

    Menumpak Betor, Becak Motor Di Surabaya!

    13 November 2018 10:16
    Sebuah betor melaju di derasnya arus lalu lintas sore hari di depan Stasiun Wonokromo SUrabaya, Sabtu, 10/11/2018
    Perkawinan antara becak dengan mesin menghasilkan betor atau becak motor. Tidak hanya di Sumatera Utara, betor juga merambah Pulau Jawa
    Becak motor atau betor tidak lagi menjadi ciri khas kota Medan atau Kota Siantar di Sumatera Utara. Tetapi dewasa ini betor sudah menyebar hingga pulau Jawa, khususnya di Jawa tengah dan Jawa Timur.

    Terutama di Kota Surabaya dan sekitarnya (Sidoarjo, Mojokerto, Madiun, Situbondo,dll), pemandangan betor lalu lalang di tengah padatnya arus jalanan kota sudah menjadi lazim. Betor bersaing dengan 'karuhunnya' yaitu becak kayuh dalam melayani transportasi jarak pendek dalam kota.

    Ieu Rame Lur:

    Ikutan Yuk ! Lelang Jersey Atep di Akun Instagram @ForumPewartaPersib

    Persib Persiapkan Laga Uji Tanding, Inikah Lawannya?

    "Betor merupakan sepeda motor yang dimodifikasi sedemikian rupa hingga digunaan menjadi kendaraan pengangkut penumpang atau barang. Untuk Surabaya dan kota lainnya di Jawa Timur, betor berbentuk seperti lazimnya becak. Kabin penumpangnya ada di depan, dan pengemudi ada di belakang. "


    Sedangkan di Kota Medan atau Siantar, Sumatara Utara, Betor (disebut juga bentor atau juga becak mesin) kabin penumpang ada di samping. Mirip dengan sespan atau side van.

    Ieu Rame Lur:

    Ditanya Emosinya Yang Meledak-ledak Usai Menglawan PSMS, Ini Kata Made

    Memikawanoh Piet de Visser, Legenda Pencari Bakat Sepak Bola!

    Betor di Surabaya selain menggunakan mesin sepeda motor dengan rangka yang sudah dimodifikasi, juga menggunakan mesin diesel yang berbahan bakar solar.

    Betor di Sidoarjo yang menggunakan mesin diesel sebagai tenaga penggerak

    Ketika ditanya, sejak kapan betor mulai digunakan masyarakat Surabaya, Surip seorang warga Surabaya menjawab, "Kurang tahu kalau tepatnya Mas. Namun seingat saya semenjak ramai online (ojek online, red.)," ujarnya kepada Bobotoh.id, Sabtu, 10/11/2018.

    Adapun tarif betor ini bervariasi, tergantung jauh dekatnya jarak. Mulai  Rp. 10.000 hingga Rp. 30.000 untuk sekali jalan.


    (Bobotoh.ID/RCK)
    Loading...


    Cik, Naon Komentarna?





    Ayo Dibeli