Teranyar

    Muldoko Terkesan Dan Memberi Inovasi Dalam Membuat Gim !

    17 November 2021 09:10
    Menurutnya, perkembangan industri gim lokal saat ini memberikan dampak yang besar untuk pertumbuhan ekonomi nasional. Sekitar 36 persen pertumbuhan ekonomi berasal dari industri kreatif semacam gim lokal,
    Laksanakan ! Begitu kata pertama yang keluar dari mulut presiden Jokowi saat Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko melapor soal gelaran Piala Presiden Esports 2021.

    Pesan kuat jika pemerintah sangat mendukung pengembangan industri gim dalam negeri ini dilontarkan Muldoko saat kunjungan kantor perusahaan dan pengembang gim Agate di Summarecon Bandung, Selasa (16/11/2021).

    Dalam kunjungannya, Moeldoko didampingi Ketua Penyelenggara Piaia Presiden Esports 2021, Rangga Danu Prasetyo. Mereka disambut oleh CEO dan Co-founder Agate, Arief Widhiyasa.

    Turut hadir pula dalam kunjungan tersebut Asisten Deputi Akses Permodalan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Suparman.

    Di Agate, Muldoko melihat bagaimana proses gim diciptakan dan sempat mencobanya. Juga memberikan masukan terkait ide dan inovasi dalam membuat gim.

    Muldoko terkesan dengan penguasaan teknologi dan infrastruktur gim digital yang dimiliki Agate, yang dinilai sudah mampu menyaingi produsen game internasional.

    Menurutnya, perkembangan industri gim lokal saat ini memberikan dampak yang besar untuk pertumbuhan ekonomi nasional.

    "Sekitar 36 persen pertumbuhan ekonomi berasal dari industri kreatif semacam gim lokal," jelasnya.

    Tambah Muldoko, industri gim menjadi salah satu sektor yang menjadi prioritas pemerintah untuk terus dikembangkan. Industri ini sarat akan teknologi canggih dan rumit yang harus kita kuasai untuk bisa bersaing secara global.

    Indonesia memiliki potensi besar menjadi pemain utama dalam industri gim dunia. Selain penguasaan teknologi, salah satu modal pentingnya adalah market gim di Indonesia yang sangat besar dan selama ini masih didominasi gim populer mancanegara.



    Sementara CEO & Co-founder Agate Arief Widhiyasa mengaku merasa terhormat atas atensi pemerintah melalui kunjungan KSP dan jajaran kementerian lainnya.

    PT Agate Internasional yang didirikan sejak 2009 di Bandung merupakan perusahaan gim yang sepenuhnya dimiliki dan diisi oleh talenta-talenta lokal. Dukungan pemerintah sangat diharapkan untuk bisa memajukan industri gim lokal agar mampu tumbuh menjadi kebanggaan nasional.

    “Agate merasa bangga bahwa pemerintah memberikan perhatian khusus bagi para pelaku industri gim dalam negeri," tuturnya merasa terhormat.

    Dan, pihaknya juga memahami upaya-upaya yang sedang dilakukan pemerintah. Agate sangat siap untuk bersinergi ke depannya agar bagaimana industri game kita betul-betul bisa menjadi tuan rumah di negeri sendirii.

    Mengenai gim dari Agate yang bisa dipertandingkan di Piala Presiden, Arief mengaku sangat antusias menyambutnya. Jelasnya, market Agate saat ini 90 persen berasal dari luar negeri seperti Amerika Utara, Eropa, dan Asia Timur.




    Sementara Rangga Danu menjelaskan, pihaknya sebagai mitra pemerintah dalam penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2021 telah mengambil langkah konkrit untuk memberi ruang seluas-luasnya bagi game lokal di ajang esports terbesar di Tanah Air.

    "Hingga saat ini, Piala Presiden Esports 2021 turut mempertandingkan dua gim buatan dalam negeri yaitu Lokapala besutan Anantarupa Studios serta Battle of Satria Dewa garapan Semisoft & BANG Indonesia," jelasnya.

    Tambah Rangga Danu, kolaborasi dengan produsen-produsen game Tanah Air juga terbuka lebar dalam berbagai hal. Dan, Piala Presiden Esports mendukung sepenuhnya industri game kita agar bisa semakin populer dan bersaing dengan game internasional.

    Lebih dari 107 ribu atlet esports ikut berkompetisi untuk memperebutkan predikat terbaik di kancah esports nasional.

    Menurut Rangga, Piala Presiden Esports 20021 saat Ini tengah menyelesaikan babak kualifikasi regional dan akan berlanjut ke babak kualifikasi terbuka serta kualifikasi tertutup.

    Puncaknya akan bergulir di babak Grand Final Piala Presiden Esports 2021 yang dipusatkan di Nusa Dua, Bali, pada Desember ini.

    Jadi, kita memang kudu Bangga Esports Indonesia dan Bangga Buatan Indonesia ! (Bobotoh.id/HR)