Teranyar

    Penderita Jantung Koroner Akan Mudah Lelah, Pemasangan Ring Bisa Membantu?

    28 July 2020 18:02
    Belum lama ini Bobotoh digegerkan dengan kabar pelatih Persib, Robert Alberts yang naik meja operasi pada pekan lalu. Pelatih berkebangsaan Belanda itu terpaksa dipasan ring dan balon untuk melancarkan aliran di pembuluh darahnya.


    Sebagai penderita jantung koroner, tentu membuat kekhawatiran Bobotoh semakin bertambah. Lantas, bagaimana sudut pandang dokter spesialis jantung ketika penderita jantung dalam menangani sebuah tim besar?


    Doktert spesialis Rumah Sakit Hasan Sadikin, Kota Bandung, dr. Badai Tiksnadi menuturkan orang yang tengah menjani pengobatan jantung koroner akan mudah kelelahan. Otot sekitar jantung si penderita akan kesulitan memompa karena semakin menipisnya oksigen yang masuk.


    Dengan begitu jantung penderita akan mengalami pembengkakan. Dampak dari pembekakan tersebut, jantung akan tak sekuat biasanya dan yang dikeluhkan penderita akan mudah lelah.


    "Ya jadi si otot yang kurang oksigen dia akan mati kemudian menipis kemudian tidak bisa memompa. Jadi pasien seperti ini biasanya jantungjya akan bengkak akan payah jantungkita sebut dan dia jadinya tidak bisa bekerja dengan baik sehingga keluhannya nanti cepat lelah," ujar Badai Tiksnadi kepada wartawan di Rumah Sakit Hasan Sadikin, Kota Bandung pada Selasa (28/7/20).


    Menukangi tim sebesar Persib, Badai tak menampik tekanan akan begitu berat datang kepada Robert. Hanya saja tekanan tersebut bisa saja ditaklukan jika penderita mampu mengatur tekanan tersebut.


    "Tapi pertanyaanya kalau preasure rendah tetap tidak tinggi tidak. Jadi tergantung dari kita memanage karena tekanan mah akan tetap ada," imbuhnya.


    Terlebih, Badai menegaskan jantung merupakan multi faktor yang hanya bisa dikendalikan oleh pemiliknya. Maka dari itu penderita jantung harus banyak beristirahat dan mengelola tubuhnya dengan baik.


    "Inyinya jantung itu multi faktor, jadi yang mengendalikan itu tekanan darahnya harus kita kontrol, makananya harus baik, pokoknya di stop, istirahat harus cukup atresnya harus di kelola jadi banyak hal itu yang harus kita kendalikan semua lah. Karena kita tidak bisa mengendalikan usia.  Kulit jadi keriput, rambut jadi beruban. Nah si pembuluh darah jantung secara alamiahnya memang menua," tuntasnya. (Bobotoh.ID/FY)

    Ayo Dibeli