Teranyar

    Persib Asup ka Jiwa Lewat Idiom Bobotoh!

    20 November 2020 22:35
    Bobotoh tidak hanya mendukung Persib hanya dalam laga pertandingan tetapi dari kretivitas-kretivitasnya yang mempertahankeun idiom-idiom yang berhubungan dengan Persib.

    Persib dipeunteun bukan hanya kleb sepak bola biasa, tetapi sudah menjadi idiom yang banyak terikat dengan identitas Jawa Barat. Hal tersebut tertingal dari Bobotoh yang tidak hanya mendukung Persib hanya dalam laga pertandingan tetapi dari kretivitas-kretivitasnya yang mempertahankeun idiom-idiom yang berhubungan dengan Persib. Persib seperti sudah masuk ke jiwa masyarakat sunda khususnya Jawa Barat.

    Idiom merupakan suatu ungkapan berupa gabungan kata yang membentuk makna anyar. Idiom yang sering digunakan  bobotoh nyaeta “Persib Bandung adalah Jiwa Raga Kami”. Selain eta  Budi Dalton budayawan sekaligus aktor asal Bandung pernah menyampaikan idiom yang sangat terkenal di eranya yaitu “Cing atuh euy oper ka Adjat”. Idiom itu digunakan jika ada hal yang dipunyai babaturannya ingin ia minta juga. Idiom lainnya yang tak kalah sering disebut adalah “Hidup Persib”.  Hal eta pernah disampaikan Budi Dalton, “Tiba-tiba tanpa disadari beberapa pejabat biasanya mengakhiri pidatonya dengan, hidup Persib! padahal acarana teuing acara naon.”ujarnya.