Teranyar

    ROTASI PEMAIN SANGAT PENTING DAN MENENTUkAN

    21 October 2021 22:26
    Untuk membingungkan strategi yang akan diterapkan pelatih lawan, sejatinya rotasi pemain sangat penting dan menentukan.
    Catatan Balad Bobotoh

    Kemenangan atas Bhayangkara FC pada laga perdana Seri Kedua BRI Liga 1 2021-2022, Sabtu (16/10) malam lalu, betapa tidak membuat Bobotoh sumringah.

    Pasalnya, selain mengakhiri rentetan hasil draw (4x), kemenangan disabet dengan merontokkan sang Pamuncak klasemen Seri Perdana.

    Lantas, bisakah Persib melanjutkan kemenangan pada laga kedua Seri Kedua saat ditantang Super Elang Jawa, julukan PSS Sleman di Stadion Manahan, Solo-Jawa Tengah, Jumat (22/10) pukul 18.30 WIB.

    Jawabannya, kudu bisa jika Maung Bandung ingin balik lagi menapaki jalur jawara. Apalagi, kini dengan Bhayangkara FC tinggal terpaut tiga poin dan dengan PSIS Semarang satu poin.

    Namun demikian, jangan menganggap enteng PSS Sleman meski posisi klasemennya di bawah Persib. Tetap fight. Karena Super Elang Jawa memiliki penyerang-penyerang cepat dan berbahaya. Antara lain Irfan Jaya, Arsyad Atawa Bagus Umar.

    Pasukan Dejan Antonic pun kuat di tengah yang diisi Kim Jeffrey Kurniawan, Misbaskus, Raffy Angga dan Ocvian Chanigio.

    Di depan mistar gawang yang biasa dijaga Miswar atawa Ega Rizky, juga bercokol dua bek asing sangar Aaron Evans dan Mario Maslac yang disokong Bagus Irwanto dan Arthur Irawan.

    Dan, di laga pertama Seri Kedua pun pasukan Dejan Antonic meraih kemenangan atas pasukan Djajang Nurdjaman, Barito Putera.

    Bagi pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts, meski kini kekuatan tim asuhannya bertambah dengan sudah bisa mainnya Victor Igbonefo, Marc Klok, dan Ardi Idrus serta Supardi Nasir.

    Sepertinya tugas pelatih tinggal membenahi Atawa menutupi kelemahan yang tampak saat kontra Bhayangkara FC.
    Kemudian, untuk membingungkan strategi yang akan diterapkan pelatih lawan, sejatinya rotasi pemain sangat penting dan menentukan.

    Jadi, rasanya Alberts tinggal memasukkan Marc Klok menggantikan Dedi Kusnandar, terus jika perlu Victor Igbonefo bisa saja menggantikan Achmad Jufriyanto.

    Sementara Zalnando dan Henhen bisa dipertahankan. Kecuali Geoffrey Castillion bahkan Wander Luiz, bisa saja sementara di bangku cadangan. Dan kini depan bisa diberikan kepercayaan kepada Ezra Walian, Erwin Ramdhani dan Frets Butuan.

    Abdul Azis yang sudah "siap tempur", rasanya tidak ada salahnya untuk diberikan kesempatan bermain bergantian dengan Esteban Vizcarra. Dengan begitu, tidak akan terdengar suara kalau pemain yang diboyong pelatih yang nota bene hasil pilihan pelatih, semua kebagian main alias tidak hanya jadi penghias.bangku cadangan.

    Pemain berlabel bintang, kata punggawa Minuz Studio, Beben, jangan dipaksakan terus menerus dimainkan kalau hingga laga ke 7 masih juga belum bisa mencetak gol.

    "Karena itu, draw dan draw (4x) terus jadinya. Padahal, kesempatan meunang terbuka, salah satunya saat lawan Bali United. Jadi, katanya lagi, untung lawan Bhayangkara FC meunang. " Biasana, mun geus meunang bisa meunang deui. Ya, Persib bakal meunang deui lawan PSS Sleman, " imbuh asisten andalan boss Minuz Studio & Productions (Denny Minuz) di markasnya Jalan Bojongkoneng Atas 90 C, Selasa (19/10) lalu.

    Sangat disayangkan, jika Maung Bandung kembali bermain draw saat kontra Super Elang Jawa, apalagi sampai kalah. Kalah sih, kayaknya tidak mungkin. Agus Prayoga meyakinkan, kalau Persib sudah benar-benar bangkit untuk meraup poin.

    "Lawan PSS Sleman, Persib bisa menang. Skor 1-0 juga cukup. Yang penting poin bertambah tiga lagi," tegasnya.

    Jadi, kalah sih jauh. " Paling seri, tapi saya yakin Persib menang lagi," sambung boss 6CC yang akrab disapa Yoga.

    Dengan tambahan tiga poin kelak, terus Bhayangkara FC dan PSS Sleman tersandung, jalan menuju ke puncak klasemen semakin terbentang. Bukan begitu, Bobotoh ? Mari kita saksikan di layar kaca Indosiar !
    (H. SS) *