Teranyar

    Sumangat Berapi-Api Merangkul Rumaja Saling Berkolaborasi !

    27 December 2020 09:58
    Dua rumaja terbaik Jabar didapuk menjadi yang terbaik di tingkat nasional.(JNP)
    Mengutip akun Instagram Forum Genre Jabar, Abhinaya berasal dari bahasa Sansakerta nu artina sumangat. Abhinaya ini divisualisasi berupa siluet api, kujang, dan tangan.
    2020 menjadi momentum bersejarah dan kado manis akhir tahun keur remaja Jawa Barat, heuseusnya mereka yang terlibat dalam program Generasi Berencana (Genre). Dua rumaja terbaik Jabar didapuk menjadi yang terbaik di tingkat nasional.

    Putra Fiqih Agniyan Hidayat resmi dinobatkan menjadi Duta Genre Indonesia 2020 dan Duta Genre Jawa Barat Putri Anisa Kurnia Ramdhini sakses mencatatkan diri sebagai runner up Duta Genre Indonesia Putri.

    Perayaan kreatif bertajuk Abhinaya Jambore Ajang Kreativitas (JAK) 2020, BKKBN Jawa Barat dan Forum Genre Jawa Barat menandai syukur nikmat ini. Mengutip akun Instagram Forum Genre Jabar, Abhinaya berasal dari bahasa Sansakerta nu artina sumangat. Abhinaya ini divisualisasi berupa siluet api, kujang, dan tangan.

    “Siluet api menggambarkan semangat. Kujang melambangkan Jawa Barat, yang berarti acara JAK diselenggarakan Forum Genre Jawa Barat. Tangan merangkul membawa arti berkumpulnya seluruh remaja perwakilan kabupaten dan kota di Jawa Barat dalam cara Abhinaya JAK 2020," terang Sub Koordinator Ketahanan Remaja BKKBN Jawa Barat Della Aryati.

    Ceuk Della, arti keseluruhannya, JAK Rumaja Jawa Barat yaitu dengan sumangat berapi-api keur merangkul seluruh rumaja dan mampu saling berkolaborasi.

    Dalam rangkaian Abhinaya JAK 2020, BKKBN Jabar dan Forum Genre Jabar menggelar ajang apresiasi untuk enam kategori. Para Duta Genre dan pengelola Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIKR) ditantang untuk menjadi yang paling keren dalam video dokumenter, esai, video tik-tok, video ekspos, rap, dan penyelenggara workshop terbaik.

    Hasilnya, Kabupaten Bandung Barat sukses menyabet gelar Video Dokumenter of The Year, Kabupaten Bogor untuk Essay of The Year, Kabupaten Subang untuk Tik-Tok of The Year, Kota Depok untuk Video Ekspos of The Year, Kabupaten Cianjur untuk Rap of The Year, dan Kabupaten Sukabumi dan Kota Sukabumi untuk PIKR dan BKR Worskhop Terbaik.

    Sementara, Koordinator Bidang Keluarga Sejahtera dan Pembangunan Keluarga BKKBN Jawa Barat Elma Triyulianti menjelaskan, keberhasilan Jawa Barat dalam sejumlah ajang nasional merupakan buah kolaborasi semua pihak. Lebih dari itu, keberhasilan sejatinya adalah bukti bahwa remaja Jawa Barat berdaya dan mandiri serta kreatif.

    “Remaja ini memiliki dunianya sendiri, dunia unik yang hanya dimengerti dengan baik oleh remaja itu sendiri. Karena itu, BKKBN mengembangkan konsep pembinaan remaja oleh remaja melalui program Generasi Berencana (Genre). Pada saat yang sama, BKKBN mendorong agar para orang tua turut memahami dunia remaja melalui program bina keluarga remaja (BKR),” terang Elma.

    Selain itu juga, puncak rangkaian Abhinaya JAK 2020 ini ditutup dengan Talkshow keren bertajuk "Inilah Aku Bukan Kamu" yang menghadirkan para narasumber kompeten di bidangnya. Mulai dari Bunda GenRe Jawa Barat, Atalia Praratya, dr Ayieb, dan tentu saja nakhoda BKKBN Provinsi Jawa Barat, Drs. H. Kusmana. (Boboboth.id/HR- NJP).