Teranyar

    Tahura Djuanda Akan Diperluas Sampai Gunung Manglayang!

    13 November 2018 14:48
    Puncak Gunung Manglayang (1818 m dpl) dari arah timur
    Wacana untuk memperluas kawasan konservasi Taman Hutan Raya (Tahura) Ir. Djuanda kembali mencuat seusai kunjungan Presiden RI Joko Widodo dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Ahad kemarin (11/11/2018).

    "Kawasan konservasi sebenarnya bisa dimana saja, tapi karena Tahura berada di Kawasan Bandung Utara, maka kawasan konservasi ini harus didefinitifkan secara benar dan pasti," kata Kepala Taman Hutan Raya Ir Djuanda, Lianda Lubis seperti dilansir PRFMNews.com, Senin (12/11/2018).

    Ieu Rame Lur:

    Gomez : Pemain Tak Perlu Pusing dengan Posisi & Persaingan Poin

    Ini Alasan Kunaon Piala Indonesia 2018 Berakhir Maret 2019

    Menurut Lianda, perluasan kawasam ini pernah diusulkan pada tahun 2008 silam. Namun usulan tersebut mendapat banyak penolakan.

    "Saya dengar banyak yang menolak, padahal di kawasan konservasi itu masih ada lahan-lahan yang bisa dimanfaatkan untuk pertanian, ekowisata dan lainnya asal memenuhi syarat konservasi," ungkapnya.

    Ieu Rame Lur:

    Klasemen Pekan ke-30 Liga 1 2018: Persib Digeser Persija!

    Dua Punggawa Timnas Indonesia Dibidik Trat FC, Saha Tah?

    Lianda menjelaskan, rencana perluasan Tahura Djuanda mestinya tidak perlu diperdebatkan. Sebab, sudah ada Permenhut No. P.76/Menlhk-Setjen/2015 yang mengatur soal perluasan lahan Tahura dan masih mengakomodir kegiatan masyarakat.

    "Jadi masyarakat tetap bisa bertani dan berkebun selama mengindahkan aturan ini," imbuhnya.

    Ia mengungkapkan, luas Tahura Djuanda saat ini 528,393 hektar. Sementara rencana perluasan sekitar 2.500-2.700 hektar.

    "Perluasannya sampai Manglayang Ujung Berung, nah nanti kita rekonsiliasi mana yang boleh dipakai untuk aktivitas masyarakat, mana yang konservasi. Sesuai aturan Permenhut"
    - Lianda Lubis, Kepala Tahura Djuanda

    Lianda menambahkan, dirinya diundang ke Jakarta untuk membahas wacana perluasan Tahura. Namun sebelumnya, Lianda akan membahas rencana tersebut bersama Gubernur Jawa Barat.

    "Nanti saya bicara dulu dengan Pak Gubernur, mungkin nanti ada masukan. Kita bentuk tim dulu, lalu berangkat ke Jakarta. pihak Perhutani juga akan diundang," tandasnya. (Bobotoh.ID/RCK. Foto: Internet)
    Loading...


    Cik, Naon Komentarna?





    Ayo Dibeli