Teranyar

    Timnas U-19 Berpotensi Uji Coba Lawan Persib

    18 November 2020 14:20
    Skuat Timnas Indonesia U-19
    "Kemudian di sini bisa juga melakukan uji coba dengan tim kuat Liga 1. Bisa dengan Persija, Persib, Arema dan lainnya,"

    PSSI berencana akan melakukan pemusatan latihan (TC) ke luar negeri untuk Timnas Indonesia U-19 sebagai persiapan dua even besar Piala Asia U-19 dan Piala Dunia U-20.

    Dua negara disebut-sebut telah siap kedatangan tim asuhan Shin Tae-yong untuk melakukan TC, yakni Spanyol dan Korea Selatan.

    Namun menurut ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan Spanyol menjadi negara yang pas untuk dipilih dengan alasan tidak melakukan karantina 14 hari untuk pendatang serta suhu udara di Spanyol tidak jauh beda dengan Indonesia.

    "Di Spanyol bisa langsung latihan. Adapun di Korea Selatan harus karantina selama 14 hari dan itu yang menjadi pertimbangan kami," kata Iriawan, Selasa (17/11/2020), seperti dikutip dari laman bola.com.

    "Kemudian masalah suhu. Di Spanyol melalui hasil komunikasi suhunya 21 derajat. Tidak jauh berbeda dengan Bandung. Adapun di Korea suhu terus menurun dan dikhawatirkan menyentuh angka minus pada Desember," lanjut Iriawan.

    Namun tidak mudah untuk memboyong Timnas Indonesia U-19 dalam waktu dekat ini, dikarenakan pandemi Covid-19 belum berakhir. Dan di Spanyol angka penyebaran Covid-19 kembali tinggi menyusul adanya gelombang kedua. Dengan demikian PSSI tengah mempersiapkan plan selanjutnya.

    "Kalau tidak bisa keluar negeri, Timnas Indonesia U-19 tetap di sini. Kami akan mencari lawan uji coba yang kuat. Timnas Indonesia senior juga bisa," kata Iriawan.

    Selain merencanakan plan menghadapi Timnas Indonesia senior, Iriawan menyebutkan beberapa klub Indonesia bisa menjadi alternatif untuk agenda uji coba.

    "Kemudian di sini bisa juga melakukan uji coba dengan tim kuat Liga 1. Bisa dengan Persija, Persib, Arema dan lainnya," tegas mantan Kapolda Jawa Barat tersebut.

    Adapun timnas U-19 Indonesia saat ini tengah menjalani latihan di Jakarta hingga 23 November 2020. (BobotohID/AH)