Teranyar

    Vaksin Buat Ibu Hamil, Siapa Takut ?!

    20 August 2021 15:22
    Kegiatan vaksinasi ini juga diharapkan dapat menurunkan angka kematian bumil yang angkanya cukup tinggi, mencapai 31,8%.
    ”Vaksinasi Covid-19 untuk ibu hamil - Bumil, terutama di Jawa Barat agar tidak takut divaksin karena aman, jadi sehat untuk ibunya, sehat untuk anaknya,” 
    -  dr. Nina Susana Dewi, Sp.PK(K), MKes, MMRS. Kadinkes Jabar


    Vaksin Covid-19 penting untuk ibu hamil - bumil, karena ada resiko besar yakni 22 kali lipat berisiko meninggal, 3 kali lipat berisiko mengalami gejala berat dan 2 kali lipat berisiko melahirkan prematur.

    Dan, setelah melalui berbagai penelitian juga rekomendasi dari POGI, maka kudu diambil langkah penting dan menjadi prioritas bahwa bumil kudu segera mendapatkan vaksin.

    Tujuannya cukup jelas, agar para bumil ini dapat menurunkan resiko-resiko kejadian persalinan prematur dan komplikasi kehamilan lainnya.

    Puluhan bumil hadir di sentra vaksinasi Covid-19. Dan, dalam kesempatan yang sama, sejalan dengan deklarasi vaksinasi untuk bumil secara Nasional, Gubernur Jabar yang diwakili Kadinkes Jabar juga mendeklarasikan vaksinasi Covid-19 bagi bumil di Jawa Barat.

    “Ibu Hamil merupakan Ibu golongan yang rentan terinfeksi Covid-19, maka hari ini kami mendeklarasikan kegiatan vaksinasi Covid-19 untuk bumil di Jawa Barat," Papar Kadinkes Jabar, dr. Nina Susana Dewi, Sp.PK(K), MKes, MMRS. Kamis, 19 Agustus 2021 di RSUP dr. Hasan Sadikin Bandung.

    Kegiatan vaksinasi ini diselenggarakan atas kerjasama RSUP dr. Hasan Sadikin, Fakultas Kedokteran UNPAD, Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi (POGI) Jawa Barat, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Barat dan Ikatan Bidan Indonesia Jawa Barat.

    Ketua POGI Jabar, dr. Soni Sasotya, SpOG(K) menjelaskan bahwa vaksinasi Covid-19 ini penting untuk dilaksanakan karena sampai saat ini cakupan vaksinasi ibu hamil baru mencapai 0,01 persen dari target ibu hamil sebanyak 11 juta lebih. Ditargetkan akhir Oktober seluruh ibu hamil telah terlindungi oleh vakinasi.

    Sebagai penyelenggara, Plt. Direktur Utama RSHS, dr. Irayanti, Sp.M(K), MARS menyampaikan, RSHS siap menyukseskan percepatan pelayanan vaksinasi bagi Ibu Hamil Indonesia.

    Jelas dr. Ira, target sasaran peserta vaksinasi sekitar 200 bumil. Dan, telah mendapatkan vaksinasi sebanyak 163 orang. Kegiatan ini akan berjalan secara simultan dengan kegiatan vaksinasi di RSHS, baik itu vaksinasi masyarakat umum, lansia, dan vaksinasi anak (12-18 tahun).

    Vaksinasi diperuntukan untuk ibu hamil dengan usia 13 – 34 minggu. Kegiatan vaksinasi ini juga diharapkan dapat menurunkan angka kematian bumil yang angkanya cukup tinggi, mencapai 31,8%.

    "Pastikan kondisi ibu dalam keadaan sehat saat akan divaksin, jika memiliki penyakit komorbid, ibu dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter," terangnya.

    Jadi, siapa takut untuk di vaksin ya... para bumil ?! (Bobotoh.id/HR - humas RSUP DR. Hasan Sadikin Bandung)