Teranyar

    Walau Emosi Tetap Harus Menjaga Sportivitas!

    7 March 2019 21:40
    Walau tindakan spontan, Bobotoh harus tetap bisa menjaga emosi dan tetap mengedepankan sportivitas
    Beberapa orang Bobotoh melakukan tindakan tidak terpuji. Usai kekalahan Persib Bandung dari Persebaya Surabaya, pelatih berkebangsaan Montengro itu mendapatkan tindak kekerasan fisik.

    Tindak kekerasan itu tersebar melalui media sosial. Baik berupa foto maupun video.

    Ieu Rame Lur:

    Bobotoh Sesalkan Pemukulan Terhadap Miljan Radovic

    Bajul Ijo Mencapluk Maung Bandung, Ini Kata Djanur!

    Ketua Viking Cyber, Lucky Iskandar Oktapian, menyayangkan tindak kekerasan itu dilakukan Bobotoh pada Miljan Radovic. Menurutnya, di luar hasil pertandingan yang tidak memuaskan, seharusnya Miljan tetap dihargai sebagai hak-haknya seorang manusia.

    "Nu saya nyaho, Mang Ayi tidak pernah menodai keluarganya sendiri, Persib Bandung. Sebagaimana kerasnya ia mengkritik Risnandar ia tetap menghargainya"
    - Aceng, Ketua Viking Cyber


    "Kita semua juga emosi, apalagi dengan pernyataan-pernyataan Radovic yang yang bisa dibilang 'gila'. Tapi mari kita belajar lagi arti respect lebih mendalam," tutur pria yang biasa dipanggil Aceng itu kepada Bobotoh.id melalui aplikasi pengolah pesan, Kamis malam 7/3/2019.

    Ieu Rame Lur:

    Bang Haji Mementa Bobotoh Bersabar...

    Dipukul Bobotoh Usai Pertandingan, Ini Kata Radovic

    Menurutnya ada banyak cara yang biasa dilakukan Bobotoh untuk menekan pelatih, manajemen, atau siapapun di Persib Bandung yang perlu dikritik. "Gunakan hastag di media sosial, lakukan mediasi, lakukan kritik melalui media sosial," terangnya.

    Namun ia tidak menampik bila insiden buruk itu harusnya juga menjadi pembelajaran bagi pihak manajemen Persib Bandung.

    Aceng juga menilai bila apa yang dilakukan Bobotoh itu murni spontanitas. Walau emosi, menurutnya tetap harus menjaga sportivitas.

    Ia mencontohkan bagaimana sosok Ayi Beutik di masa hidupnya saat mengkritik pelatih Risnandar. "Nu saya nyaho, Mang Ayi tidak pernah menodai keluarganya sendiri, Persib Bandung. Sebagaimana kerasnya ia mengkritik Risnandar ia tetap menghargainya."

    "Karena mang Ayi tahu, mana lawan, mana kawan," imbuhnya.

    Aceng juga menilai bila wajar saja bila Miljan melaporkan tindak kekerasan itu ke kepolisian. "Bila dia mau, itu haknya Radovic, siapapun pelakunya, termasuk bila pelakunya anggota Viking."

    Aceng juga bepesan Bobotoh harus lebih arif dan bisa menahan emosi agar kejadian tersebut tidak terulang lagi. "Kekerasan mah dalam sagala apapun tidak dibenarkan, kahareupna mun bisa ulah marabok ambeh teu emosian, bisa ngontrol," pungkasnya.(Bobotoh.id/RCK. Foto: AH)


    Loading...


    Cik, Naon Komentarna?





    Ayo Dibeli