Teranyar

    Waspada, Penipuan Modus Baru Di Lapak Online!

    30 August 2018 21:40
    Belanja online menjadi salah satu pilihan warganet dewasa ini. Selain menawarkan kemudahan, belanja online juga seringkali lebih murah.

    Namun belanja online ini tetap memerlukan kecermatan saat transaksi. Karena pada platform ini rawan sekali penipuan memanfaatkan kekurangcermatan pembeli.

    Ieu Rame Lur:

    Gunung Rinjani Masih Ditutup Untuk Pendakian!

    Pemulihan Korban Terdampak Gempa Lombok Masih Terus Dilakukan!

    Seperti saja misalnya dilaporkan warganet Okky Ariewibowo Akbar melalui Facebook. Dalam sebuah postingan di sebuah grup, ia mengisahkan modus penipuan memanfaatkan ketidaktelitian pembeli.

    "Pembeli ingin membeli vga nvidia dengan harga 1.8jt. Seller ternyata hanya mengirim stikernya. Setelah ditelusuri, seller memang menuliskan bahwa hanya gambar yg dijual, TAPI DITULIS DI TENGAH TENGAH SELIPAN SPESIFIKASI PRODUK, YANG MANA BIASANYA SPEK DITULIS SANGAT PANJANG SAMPE KEBAWAH BAWAH DAN MEMANFAATKAN 'KELENGAHAN' PEMBELI," tulis Okky, Ahad, 26/8/2018 lalu.

    Ieu Rame Lur:

    Turnamen PUBG One Squad One Goal!

    Turn Into Gold, Hajat Rongkah Perayaan Hari Jadi VPC!

    Ia juga mengunggah bukti tangkapan layar spesifikasi barang yang dibeli. Juga dialog antara 'penjual' (baca: penipu) dengan pembeli (korban).

    "Barang Tidak Sesuai Pesanan. barangnya yg d terima cm stiker nya aja. bkn barangnya...", keluh pembeli melalui fasilitas chat.

    "Tolong dibaca deskripsi iklan dan deskripsi catatan pelapak. barang yang dikirim sesuai dengan deskripsi iklan," jawab si 'penjual'.




    Di dalam deksripsi memang 'penjual' berusaha mengaburkan perhatian pembeli. Dengan sengaja ia menyimpan catatan "..barang yang dijual hanya gambar, tidak menerima komplain membeli berarti setuju" di tengah spesifikasi barang yang dijualnya, yakni VGA Card.

    Waspada ya Bobotoh, jangan lupa dengan peribahasa: teliti sebelum membeli! (Bobotoh.id/RCK)



    Loading...


    Cik, Naon Komentarna?





    Ayo Dibeli