Teranyar

    West : Rossi menganggo Ban Gaib, Sehingga Mulus Jadi Juara Dunia MotoGP ?!

    28 January 2020 11:00
    Rossi dan Marquez dituding memakai bab gaib, sehingga selalu naik podium juara ?! (zimbio.com)
    Mereka memakai helikopter untuk mengangkut ban dari pabrik hanya untuk Rossi..

    Mantan pembalap MotoGP asal Amerika, Anthony West kembali membuat kehebohan di jagat dunia maya. Dalam postingannya pada Sabtu, 25 Januari 2020 tersebut, Anthony West menuding bahwa induk olahraga balap motor (FIM) berusaha untuk menghancurkan hidupnya.

    Pembalap yang selama 18 tahun karier profesionalnya hanya pernah menjadi juara sebanyak 2 kali ini, juga menuding bahwa juara dunia 8 kali Marc Marquez dan juara dunia 10 kali Valentino Rossi bisa menjadi juara karena curang.

    Khusus untuk Rossi, pembalap yang juga dikenal penuh kontroversi karena seringkali terjebak kasus antidoping ini, mengungkapkan soal adanya faktor ban spesial sebagai faktor utama di balik prestasi The Doctor.

    "Mereka membiarkan Rossi memenangkan semua kejuaraan 500cc dengan memberinya ban yang dibuat secara khusus untuk setiap sirkuit," tulis West.

    Ieu Rame Lur:

    Dua Pemain Persib Tidak Tertenjo Ikuti TC

    Tak Ada Persiapan Khusus Lawan Melaka United

    Mereka menggunakan helikopter untuk mengangkut ban dari pabrik hanya untuk Rossi sehingga dia bisa memenangkan balapan.

    "Semua yang Anda lihat palsu. Jangan percaya apapun yang Anda lihat. Mereka mengontrol siapa yang memenangkan balapan dan siapa yang tidak." tulis West.

    Gosip 'ban gaib' Valentino Rossi sebenarnya bukan isu baru. Faktanya, Rossi memang mendapat ban khusus dari Michelin sebagai pemasok pada 2000-2007.

    'Ban gaib' tersebut mendapat sebutan Saturday Night Specials, karena diberikan pada malam hari sebelum balapan, khususnya untuk seri di Benua Eropa.

    Keunggulan Michelin dalam kemampuan membuat ban dengan karakter spesifik untuk setiap sirkuit membantu The Doctor tampil maksimal saat balapan.

    Ieu Rame Lur:

    Komisaris Hanya Memantau, Rekrutmen Diserahkan Pada Pelatih

    Umuh Enggan Bahas Dua Striker Brazil

    Namun begitu, Rossi bukan satu-satunya pembalap MotoGP yang mendapat perlakuan spesial dari Michelin.

    Produsen ban asal Prancis tersebut juga memberikan spesifikasi ban terbaik kepada tim pabrikan lain yang bekerja sama dengan mereka, contohnya Repsol Honda.

    "Masalahnya adalah cara kerja kami dengan Michelin sangat berbeda dengan ban yang bisa mereka buat untuk akhir pekan," tutur Rossi saat itu.

    Taktik Michelin tersebut tidak selamanya berhasil. Perubahan regulasi di MotoGP yang berujung pembatasan penggunaan ban pada 2007 membuat mereka mengalami kesulitan.

    Kesulitan yang berujung kegagalan menjadi juara MotoGP pada 2007. Dan, membuat Rossi beralih menggunakan ban buatan Bridgestone pada musim berikutnya. (bobotoh.id/HR - bolasport)






    Ayo Dibeli